KABAR KALBAR
Hari Ulang Tahun Satuan Perlindungan Masyarakat Ke-48 Tahun
Senin, 19/04/2010

Dengan mengambil tema “Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan PILKADA Tahun 2010”, hal ini sangat tepat dikaitkan dengan eksistensi Sat Linmas selama ini sebagai pengamanan langsung yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sat Linmas sebagai suatu lembaga kemasyarakatan dengan pembinanya yang berjenjang. Menteri Dalam Negeri sebagai Pembina Umum, Gubernur, Bupati dan Walikota sebagai Pembina Teknis Operasional di Daerah serta Satuan Pelaksana Kecamatan, Desa dan Kelurahan.
Dalam pelaksanaannya, Sat Linmas di tingkat Desa/Kelurahan, anggotanya terbentuk dari pengorganisasian masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk membangun masyarakat dalam bentuk kesadaran bela negara yang bersifat kemanusiaan.

Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Propinsi, Kabupaten dan Kota. Menurut Undang-undang No.32 Tahun 2004 pasal 13 dan 14 ayat (1) tentang Pemerintahan Daerah, sehingga program Perlindungan Daerah perlu diberdayakan dan ditingkatkan perannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menunjang program Pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana serta ikut memelihara ketentraman dan ketertiban umum, baik dalam kegiatan sehari-hari maupun dalam Pengamanan Penyelenggaraan Pemilu.

Kementerian Dalam Negeri melalui Surat No.331.1/248/SJ tanggal 29 Januari 2010 tentang Peningkatan Kesiapsiagaan dan Keterlibatan Sat Pol PP dan Sat Linmas dalam penyelenggaraan Pilkada 2010, memerintahkan kepada seluruh jajaran Sat Linmas untuk terlibat secara aktif sebagai Pengamanan Langsung (Pamsung) yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2010 yang akan dilaksanakan di 244 daerah Propinsi, Kabupaten, dan Kota. Serta diharapkan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik dengan jajaran TNI dan kepolisian. Hal ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri melalui pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Perlindungan Masyarakat ke-48 Tahun di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat (19/4).

Melalui Hari Ulang Tahun Satuan Perlindungan Masyarakat kali ini, diharapkan Sat Linmas untuk meningkatkan kualitas dan berdisiplin tinggi melalui berbagai pelatihan, penyuluhan, dan Bimbingan Teknis. Tingkatkan koordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait serta lembaga kemasyarakatan lainnya dalam melaksanakan tugas pokok Perlindungan Masyarakat yang makin hari makin kompleks. Tingkatkan peran aktif Sat Linmas sebagai pengaman langsung Pemilihan kepala daerah 2010 serta menjaga netralitas dengan tidak memberikan dukungan dalam bentuk apapun kepada salah satu pihak maupun kelompok tertentu dalam penyelenggaraan PILKADA tahun 2010.
(Humas Pemprov/Nasir-Bayurini)

 


KABAR LAINNYA:






APLIKASI e-Gov
LPSE Prov. Kalbar
RUP Prov Kalbar
Database Kalbar
e-Proc (Lelang Proyek)
SIMKUM
e-Document
Organisasi Prov Kalbar
Mitigasi Bencana
Dokumentasi & Informasi Hukum

INFO PUBLIK

LAKIP Pemprov 2013

UMP/UMK Kalbar 2014

Pergub Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah

LPSE KALBAR

Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah

Kajian Ekonomi Regional (KER) Kalimantan Barat 2011

Data Trafficking Kalbar

Statistik Kalimantan Barat