BERITA DAN KEGIATAN

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Terminal Peti Kemas PT Pelind

Sabtu, 3 September 2016 11:39 WIB
Komentar 1002 View

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Terminal Peti Kemas PT Pelindo II Cabang Pontianak, Kalimantan Barat

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Terminal Peti Kemas PT Pelindo II Cabang Pontianak, Kalimantan Barat. "Kunjungan kerja ini untuk meninjau langsung sejauh mana operasional terminal di Pontianak," ujarnya di Pontianak, Jumat (2/9/2016).

Ia menjelaskan logistik itu sangat penting dan harus didukung oleh pelabuhan. Menurutnya pelabuhan di Pontianak sangat penting untuk Indonesia bagian barat. Ke depannya, pelabuhan internasional tersebut akan menjadi penghubung dengan kapasitas yang besar. Sehingga pengiriman barang dari luar negeri bisa langsung dibawa menuju ke Kalbar.

Selain itu, pelabuhan tersebut juga akan dibangun pusat logistik berikat (PLB) yang merupakan implementasi dari paket kebijakan ekonomi kedua yang diterbitkan pemerintah bulan September 2015 yang lalu.

Sesuai dengan program pemerintah dalam meningkatkan sektor maritim, pembangunan ini diharapkan sebagai salah satu upaya dalam menekan biaya logistik agar terjangkau masyarakat. Untuk itu, maka jalur maritim dari barat ke timur harus dipersiapkan infrastrukturnya, termasuk pelabuhan. "Saya sangat surprise dengan pelabuhan ini di mana pelabuhan sungai ternyata kapasitasnya sangat besar," tuturnya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya sedang mengupayakan tol laut agar disparitas harga di tempat-tempat terpencil tidak mahal. Ia mencontohkan untuk di Pulau Natuna semula dari Jakarta. Namun sekarang sudah dari Pontianak dan saat ini tengah dioperasianalkan kapal swasta dan diberikan subsidi oleh pemerintah.

"Harapannya yang selama ini untuk waktu perjalanan setiap ke Natuna selama 21 hari dengan 250 ton. Saat ini 10 hari saja kalau lewat Pontianak. Bayangkan produktivitas dan harga murah pasti murah," katanya.

Sementara mengenai pelabuhan internasional yang akan dibangun di Kijing, Kabupaten Mempawah, menurutnya diusahakan dimulai pembangunannya akhir tahun ini.

"Diperkirakan pembangunan memakan waktu 2-3 tahun. Untuk anggaran pelabuhan tersebut kisaran Rp10-Rp12 triliun," katanya.

Sementara untuk pembangunan kereta api di Kalbar, ia mengatakan akan terlebih dahulu melakukan studi.

"Soal kereta api harus kita study dulu," ungkapnya.

"Akan kita tata karena memang wilayah Kalimantan ini luas, akan dijadikan sebagai salah satu pusat logistik berikat dan industri," jelas nya

 

Dalam kunjungan kerja Menhub tersebut didampingi oleh sejumlah pejabat dari Pemerintah Kalbar seperti Wakil Gubernur dan Pemkot Pontianak, Wakil Wali kota, Kapolda Kalbar, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Prov.Kalbar dalam kesempatan itu juga turut hadir.(AFD/16)

 


Oleh: (Bernadeta Sri Rusmiyati,SH.MH)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id