BERITA DAN KEGIATAN

Obyek Wisata Pantai di Kota Ketapang

Selasa, 1 November 2016 11:21 WIB
Komentar 816 View

Kota Ketapang terletak di tepi sungai Pawan, luas Kabupaten Ketapang ini 35.809 Kilometer persegi dengan jumlah penduduk 442.090 (2014),berjuluk sebagai Kota Ale-Ale. Dari Kota Ketapang yang pertama kali kami kunjungi Pantai Tanjung Belandang, merupakan obyek wisata pantai yang terletak di Sungai Awan,Kecamatan Mantan Hilir Utara, berjarak dua belas kilimeter dari Kota Ketapang dengan waktu tempuh tiga puluh menit.

Di Pantai ini tidak hanya pemandangannya  indah namun area pantai yang luas,serta fasilitas kolam renang untuk keluarga dan anak-anak, ayunan serta lingkaran besi yang paling penting fasilitas umum tersedia yaitu toilet, warung makanan dan gazebo yang berjajar menghadap panatai serta cocok untuk wahanna out bond. Untuk masuk ke Pantai Tanjung Belandang ini tidak di pungut biaya.

Pantai Sungai Jawi, di Pantai ini merupakan tempat Keluarga bersantai menikmatipemandangan pantaisambil melihat para nelayan mencari ikan, pantai ini tidak jauh dari Kota Ketapang selain menikmati suasana pantai pengunjung juga dapat melihat ternak-ternakyang digembalakan disekitaran tepi pantai seperti Kambing dan lainnya.

Pantai Tanjung Batu, Pantai Tanjung Batu terletak sekitar enam puluh kilometer dari Kota Ketapang. Keindahan paling menonjol di pantai ini adalah batu-batu yang berjajar di sepannjang tepian pantai dan menjorok kedalam daratan seolah memagari daratan dari pantai oleh karenanya di sebut Tanjung Batu.

Di Pantai ini sering diadakan sirkuit bertaraf Nasional yaitu event grasstrack dengan panjang lintasan 1.200 meter. Di kawasan pantai juga terdapat hamparan pasir putih serta pasir kwarsa dan menambah asrinya pemandangan dengan deretan pohon cemara disepanjang pinggiran jalan menuju tepian pantai yang berbatuan diiringi deburan ombaknya, sayang bila tidak dikunjungi karena untuk masuk kepantai ini tidak di pungut biaya kecuali  ada event grasstrack.


Oleh: (Menik Waltasngatun ,S.Sos)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id