BERITA DAN KEGIATAN

Christiandy Sanjaya, Terimakasih Untuk Pemerintah Pusat Yang Telah Peduli Dengan Daerah Perbatasan

Kamis, 19 Januari 2017 11:48 WIB
0 Komentar 307 View
Uncategorized

Jakarta - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, SE MM menyampai apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Pusat khususnya kepada Badan  Nasional  Pembangunan Perbatasan ( BNPP) yang telah memberikan perhatian kepada daerah perbatasan yang ada di kalbar. Pada tahun 2016 pogram BNPP yang telah di jalani mecakup pos lintas batas Badau, Aruk, dan entikong. Sedangkan pada Tahun 2017 Jagoi babang Kab. Bengkayang  dan Jasa di kabupaten  sintang.

Kita sangat-sangat berterima kasih atas perhatian ini. pembangunan PLBN ini merupakan satu bagian dari pengembangan kawasan implementasi Nawacita pemerintah Presiden RI  Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ingin membangun Indonesia dari pinggiran, ujar Christiandy Sanjaya usai menghadiri kegiatan Rakor  pengendalian pengelola perbatasan negara di hotel borobudur Jakarta,(17/1).

Christiandy Sanjaya menyetujui apa yang di sampaikan oleh dirjen imigrasi bahwa adanya Suatu badan yang terkoordinasi baik dari fungsi pengamanan,  imigrasi, bea cukai, karang tina, dan lain sebagai agar bisa nyatu sehingga bisa sesuai dengan harapkan dalam penanganan perbatasan.

“ Potensi Ekspor di perbatasan sangat luar biasa,  hal  terlihat dari hasil yang di capai oleh salah satu perusaan yang ada di perbatasan Badau, dalam satu bulan Produksi CPO mencapai 15 ribu Ton jika bersaing semua akan di ekspor keluar, kalau harga dalam negeri baik pasti akan jual ke dalam negeri,”  ini sebuah contoh bahwa perbatasan pintu masuk ekspor dan infor harus dapat di fungsikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, misalnya seperti di entikong, aruk, dan Badau yang telah dibangun, kata Christiandy Sanjaya.

Sementara itu dalam sambutanya Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Mengko Polhukam) Wiranto mengatakan kekuatan militer yang selama ini terpusat dipualau jawa, perlu didistribusikan lebih besar untuk menjaga daerah perbatasan. Pemerintah Pusat mewancanakan menambah kekuatan militer di untuk menjaga perbatasan. Ini merupakan konsikuensi dari negara kepulauan terbesar di dunia.

“ Sekarang saya mengumpulkan para Gubernur, Bupati, dan Walikota di seluruh Indonesia. Coba inventarisasi tempat dimana yang saudara anggap daerah rawan perbatasan, tapi juga daerah itu cukup layak untuk di tinggali prajurit TNI,” ucap Wiranto.

Penyebaran dan penambahan personel TNI berkorelasi dengan pembangunan wilayah perbatasan baik pembangunan kehidupan maupun ekonomi. Terjaminnya keamanan wilayah perbatasan juga otomatis membuat masyarakat lebih aman tinggal di pulau-pulau terluar. Dengan begitu terjadinya pemerataan penduduk dan penghasilan rakyat Indonesia. Langkah ini sebagai bagian dari upaya pemerintah yang menjanjikan pembangunan nasional dimulai dari desa dan kawasan perbatasa, kata Wiranto.

Hadir pada acara tersebut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku Moderator dan Pelaksana kegiatan, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Mengko Polhukam) Wiranto, Para Gubernur  dan Walikota/Kabupaten terkait Perbatasan serta undangan lainnya.

 


Oleh: (Rinto, S.Sos.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id