BERITA DAN KEGIATAN

Semua Harus Bersinergi Dalam Mewujudkan Pembangunan Komoditas Hijau

Kamis, 19 Januari 2017 12:01 WIB
0 Komentar 468 View
Uncategorized

Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. Christiandy Sanjaya, SE MM berharap  adanya sinergi antara satu sama lain dalam mewujudkan pembangunan hijau  berbasis komoditas penting. Hal tersebut di sampaikan Christiandy Sanjaya ketika memberikan sambutan pada acara peran komoditas dan investasi berkelanjutan dan perlindungan di lanskip Penting di Provinsi Kalbar di Jakarta,(18/1).

“  Sinergi di maksud agar kita bisa bersama-sama dapat mengembangkan pembangunan komoditas hijau di lansekap-lansekap penting di kalimantan barat yang tentunya di harapkan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Dalam hal ini juga para perusahaan yang ada di harapkan untuk dapat lagi memperhatikan lingkungannya guna keberlanjutan dari perusahaan,” ujar Christiandy Sanjaya.

Lebih lanjut dalam arahanya Christiandy Sanjaya mengatakan sebagai lanjut dari pertemuan Internasional yang di hadiri oleh Gubernur maka provinsi kalbar mengembangkan kemitraan dengan berbagai pihak salah satunya dengan IDH (Inisiatif Dagang Hijau). Sebagai koordinator GCF Indonesia, kalbar berupaya menurunkan emisi melalui 3 pilar utama yaitu memperkuat kesatuan pengelola hutan,penggunaan tata ruang dan tata kelola izin, membangun kemitraan dengan pihak swasta, dan menjamin pembangunan rendah emisi yang melibatkan masyarakat adat dan petani kecil.

Dalam pertemuan tingkat pimpinan pemilik/pemimpin perusahaan bersama Wakil Gubernur Kalbar di hasil 11 poin-poin Rekomendasi di antaranya, pengelola kawasan untuk mendukung pertumbuhan hijau menjadi penting untuk di dukung bersama, kerjasama antar perusahaan dan lembaga lain menjadi penting di lakukan yaitu, tata kelola air, gambut dan mangrove khususnya yang berada dalam satuan KHG,pencegahan kebakaran, produktivitas komoditas dan peningkatan kesejahteraan  masyarakat, ekonomi perusahaan dan pemerintah, koridor dan konektivitas lintas satwa dan konservasi, pengelolaan lanskap, pelibatan masyarakat dalam kemitraan di lansekap menjadi penting, dan memastikan taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik, pola pengelolaan sumber daya alam di susun secara terkoordinasi di antara instansi-instansi terkaiat berdasarkan asas-asas di maksud,membangun industri terpadu dari hulu ke hilir, keberadaan industri pegelolaan dan pasar menjadi penting untuk memberikan insentif dan rewards bagi upaya-upaya yang telah dilakukan bersama oleh para stakeholders di dalam lansekap, dan lainnya.

Pada poin terakhir pemeritah prov kalbar, perusahaan, asosiasi dan mitra pembangunan (IDH) yang menghadiri pertemuan bersepakat untuk bekerjasama mengidentifikasi dan menjajaki peluang-peluang kerjasama untuk mendukung inisiatif pertumbuhan ekonomi hijau di prov kalbar, yang fokus pada upaya-upaya peningkatan produksi dan produktivitas penggunaan lahan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan dengan tetap melakukan proteksi/rehabilitasi hutan dan area bernilai konsevasi tinggi.

“ Beberapa masukan dan poin-poin di atas  yang telah di sepakati  pada pertemuan ini dapat di jadikan suatu rencana aksi bersama  untuk kemudian dapat di tindak lanjuti.” Tutur Christiandy Sanjaya.

Kegiatan pertemuan tingkat pemilik/pemimpin perusahaan dengan  Wakil Gubernur Kalbar di laksanakan oleh Inisiatif Dagang Hijau (IDH) the sustainnable trade intiative, Hadir pada acara tersebut Kepada Dinas Ke Hutanan Prov Kalbar Marcelius TJ, Plt. Kepala Dinas perumahan rakyat,kawasan pemukiman dan lingkungan hidup provinsi Kalbar Ir.H. Adi Yani,MH, staf kusus Gubernur bidang perubahan iklim dan lingkungan,DR Gusti Hardiansyah, IDH Coutry Director, IDH program director,Sekjen Gabungan pengusaha kelapa sawit Indonesia, Pimpinan golden agri resources, PT Bumutama gunjaya  agro, Asosiasi pengusaha hutan Indonesia, Sinar Mas, PT Cus, dan lain sebagainya.

 


Oleh: (Rinto, S.Sos.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id