BERITA DAN KEGIATAN

Diskominfo Gelar Bimtek Jurnalistik

Rabu, 26 April 2017 12:25 WIB
Komentar 341 View

DISKOMINFO GELAR BIMTEK JURNALISTIK DASAR

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Barat, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik Dasar di lingkup Diskominfo Prov Kalbar. yang berlangsung sehari, diikuti 25 peserta dengan Nara Sumber Dian Lestari Redaktur Tribun Pontianak, Rabu (26/04).

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan dan Layanan Informasi Publik (PLIP) Diskominfo Prov. Kalbar, Kurniasari, S.Sos. mewakili Kepala Dinas Kominfo pada pembukaan, mengatakan, penyelenggaraan bimtek bertujuan untuk memberikan ilmu jurnalistik, khususnya tentang teknik penulisan berita dan press release kepada peserta.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka wawasan pola pikir peserta agar dapat memahami dan memiliki kemampuan dalam penulisan press release serta mempublikasikan hasil-hasil pembangunan," harap Kurniasari.

Lebih lanjut Kabid PLIP mengatakan Pelatihan Jurnalistik Dasar ini merupakan salah satu bentuk kongkrit dari Diskominfo Kalbar untuk meningkatkan kualitas SDM di bidang Komunikasi dan Informasi untuk dapat disajikan kepada publik secara berkualitas.

"Pelatihan ini diharapkan SDM Diskominfo khususnya Bidang PLIP mampu menyediakan dan menyebarkan informasi yang bermanfaat, sehingga mampu membuka cakrawala, dan bisa mengkomunikasikan berbagai hal, pada masyarakat yang dapat meningkatkan Sumber Daya Masyarakat serta mendorong partisipasi dalam mempercepat pembangunan di Kalbar" ujar Kurniasari.

Sementara itu, dalam pemaparannya Dian Lestari menyampaikan bahwa kegiatan jurnalistik tidak hanya dapat dilakukan oleh jurnalis profesional. Akan tetapi dengan ditemukan teknologi internet, kegiatan jurnalistik dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa harus memiliki background sebagai jurnalis profesional.

"Setiap orang saat ini bisa melakukan kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah, dan melaporkan berita kepada masyarakat luas. Istilah yang digunakan untuk perkembangan jurnalistik tersebut yakni citizen journalism. Masyarakat mampu melakukan kegiatan jurnalistik tanpa memandang latar belakang pendidikan dan keahlian," terang Dian.

Diakhir kegiatan Dian Lestari yang juga ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak mengajak para peserta untuk melakukan praktek penulisan berita secara langsung dengan mengedit berita yang telah dipublis di media website tentang sengketa informasi. 

Ditempat yang sama Advent Christian salah satu peserta Bimtek dari sangat bersyukur telah menjadi bagian dari peserta Bimtek kali ini. Tidak hanya sekedar ilmu tapi semangat nara sumber kali ini menjadikan Advent semakin termotivasi untuk melaksanakan tugas yang diembankan kepadanya.

"Menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan berita yang selama ini dilakukan saya sangat terbantu dengan materi yang disampaikan oleh pemateri tadi," ujar Advent. (JoE)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id