BERITA DAN KEGIATAN

Upacara Peringatan Ribuan Korban Pembunuhan Massal di Mandor

Kamis, 6 Juli 2017 15:23 WIB
Komentar 511 View

Mandor (6/7/2017),

Peringatan Hari Berkabung Daerah Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017 dilaksanakan di Makam Juang Mandor, Kabupaten Landak. Wakil Gubernur Drs. Christiandy Sanjaya, SE, MM bertugas selaku Inspektur  dan Kasat Pol PP Prov. Kalbar selaku Komandan dalam Upacara tersebut.

Pelaksanaan ini dihadiri oleh Forkopimda Prov. Kalbar, Wakil Bupati Landak, Bupati Bengkayang, Bupati Mempawah (diwakili), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkungan Prov. Kalbar, Gabungan ASN, Ormas, Ahli Waris, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Polri, TNI.

Hari Berkabung Daerah dan Monumen Makam Juang Mandor merupakan ungkapan rasa hormat dan penghargaan kepada pejuang yang telah gugur pada peristiwa tersebut. Monumen tersebut bukan merupakan lambang kebencian rakyat Kalimantan Barat terhadap bangsa Jepang, melainkan sebagai bukti tentang peristiwa tragis di Kalimantan Barat untuk tidak terulang kembali di masa mendatang.

Monumen tersebut sekaligus merupakan peninggalan sejarah bagi generasi yang akan datang, bahwa di kalimantan Barat pernah terjadi suatu peristiwa perjuangan Rakyat Indonesia dalam membebaskan tanah air tercinta dari pejajahan Jepang antara Tahun 1942-1944.

Berdasarkan data surat kabar jepang yang terbit di Pontianak “Borneo Shinbun” pada tanggal 1 juli 1944 disebutkan sebanyak 21.037 jiwa korban pembunuhan massal yang dikuburkan di 10 buah makam di Mandor. Juga terdapat 49 orang yang dibunuh dengan dalih  bahwa mereka berusaha mendirikan negara Borneo Barat bebas dari Penjajahan.

Setelah melakukan penaburan bunga di Makam 9 dan 10, Christiandy Sanjaya berpesan, sebagai generasi penerus jangan sampai melupakan sejarah. Ada dua nilai yang bisa dipetik bagi generasi saat ini. Pertama bila membaca para korban, terdapat berbagai etnis, profesi dan kalangan "artinya dari dulu sudah ada kebersamaan kita semua membangun kalbar". Hal kedua menjadi pertanyaan mengapa para korban Mandor dibunuh oleh penjajah. Ini karena mereka adalah tokoh-tokoh pembangunan yang bisa memajukan Kalbar. 

Oleh: (Bernadeta Sri Rusmiyati, SH,MH)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id