BERITA DAN KEGIATAN

DPRD Kabupaten Ketapang Kunjungi Satpol PP Provinsi Kalbar

Senin, 18 September 2017 14:03 WIB
0 Komentar 217 View

Pontianak – Dalam rangka membahas Raperda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Pansus I DPRD Kabupaten Ketapang melakukan konsultasi dengan melakukan kunjungan kerja ke Satpol PP Provinsi Kalbar (14/9). Kegiatan konsultasi ini dipimpin langsung oleh Elmantono selaku Ketua Pansus yang didampingi oleh anggota serta unsur sekretariat DPRD Kabupaten Ketapang.

Elmantono mengatakan bahwa Raperda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat ini penting untuk segera ditetapkan karena mengingat pentingnya aturan ini hadir di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Ketapang.

“Kita ingin menciptakan masyarakat yang aman, tertib dan teratur. Selain itu, Raperda ini sebelumnya sudah dibahas pada peridode keanggotaan 2009 – 2014, namun tidak selesai. Maka dalam waktu dekat ini kami akan segera menyelesaikannya dalam rapat paripurna”, ujar politisi asal Parta Amanat Nasional ini.

Selanjutnya, Wibersono L. Djait, S.Sos selaku Kasat Pol PP Provinsi Kalbar menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi dari Satpol PP adalah menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarkat, serta memberikan Perlindungan Masyarakat. Maka dari itu, implementor langsung dari Raperda tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Ketapang tersebut yaitu Satpol PP.

“Namun, dalam implementasinya nanti Satpol PP tidak bisa sendirian karena masalah ketertiban umum dan ketentraman masyarakat itu lintas sektor sehingga kerjasama, koordinasi dan singkronisasi antara Satpol PP, TNI, Polri, termasuk unsur perangkat daerah lainnya menjadi penting guna efektivitas dari implementasi Raperda tersebut”, ungkap Wiber.

“Yang tak kalah penting adalah mempersiapkan sumber daya aparatur yakni PPNS yang memiliki peran sangat penting dalam melaksanakan pro yustisia bagi pelanggaran Perda maupun Perkada”, tutup Wiber.

 


Oleh: (Nur Juliansyah, S.IP)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id