BERITA DAN KEGIATAN

Pemprov Dukung Penuh Pengembangan SMK

Kamis, 30 November 2017 13:47 WIB
0 Komentar 65 View
Uncategorized

PONTIANAK -    Dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa decade yang lalu, dimana perubahan begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita  hidup, cara kita bekerja dan tentu saja cara kita belajar. Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada, namun yang harus dipastikan kapada anak-anak adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang dihadapannya. Salah satu dukungannya adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya, kata Sekda Kalbar Dr. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM saat menyampaikan sambutannya pada acara Wisuda Lulusan SMK-SMTI Pontianak Angkatan 47 dan Program D1 Kimia Analis Angkatan Ke-4 Tahun Akademik 2016/2017, di Hotel Kapuas Palace, Kamis (30/11).

Lebih jauh Sekda menjelaskan bahwa pembelajaran abad 21 merupakan suatu keharusan yang dalam upaya kita mempersiapkan generasi 21, dimana kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berkembang begitu cepat memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan termasuk pada proses belajar mengajar, seperti diberlakukannya Ujian Nasional Berbasis Komputer bagi peserta didik jenjang pendidikan SMA/SMK/MA maupun SMP/MTs. Selain itu menurut Sekda sistem pembelajaran abad 21 merupakan suatu peralihan pembelajaran dimana kurikulum yang dikembangkan saat ini menuntut sekolah untuk merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pendidik (teacher-centered learning) menjadi pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (Student-Centered Learning), hal ini sesuai dengan tuntutan dunia masa depan dimana peserta didik harus memiliki kecakapan berfikir dan belajar, diantaranya adalah kecakapan memecahkan masalah, berfikir kritis, kolaborasi, dan kecakapan berkomunikasi.

Dalam kesempatan itu Sekda mengajak seluruh guru khususnya yang mendidik dan mengajar di SMK-SMTI Pontianak yang merupakan sekolah binaan dari Kementerian Perindustrian RI untuk dapat memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan mutu pendidikan di Kalbar, dengan mengembangkan pendidikan karakter dalam setiap proses pembelajaran, disamping peningkatan mutu vokasi dan kreativitas peserta didik, karena pendidikan karakter bukanlah hanya sekedar wacana aakaan tetapi realitas implementasinya, bukan hanya sekedar kata-kata tetapi harus diwujudkan tindakan nyata dan bukan hanya symbol atau slogan, tetapi keberpihakan yang cerdas untuk membangun keberadaban masyarakat, Kalbar memerlukan SDM dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan, untuk memenuhi SDM tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting, hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 3 yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan  dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sekda juga menegaskan, bahwa dalam rangka pengembangan SMK-SMTI maupun SMK lainnya kedepan Pemprov Kalbar senantiasa akan memberikan dukungan penuh terhadap lembaga/satuan pendidikan dalam mengambangkan mutu pendidikan dan selalu berusaha untuk meningkatkan kesesuaian dan mutu pendidikan karakter melalui sekolah-sekolah terutama jenjang pendidikan Menengah dalam hal ini SMA/SMK, “semoga dengan momentum Wisuda kali ini mari kita bangkitkan semangat kebersamaan dan sinergitas kita, karena pendidikan adalah tanggungjawab kita bersama, pemerintah, masyarakat dan satuan pendidikan, dimana ketiga pilar ini harus saling mendukung, saling menopang dan saling menguatkan, sehingga akan terwujud pendidikan yang berkualitas yang dapat mengantarkan generasi penerus bangsa menjadi generasi yang cerdas,kreatif, inovatif dan penuh kejayaan dimasa mendatang. (ruslanhumasprov).

Caption :

PENGHARGAAN : Sekda Kalbar Dr. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM, meyerahkan piagam Penghargaan dari SMK-SMTI Pontianak kepada perusahaan sebagai Institusi Pasangan dalam Program Pengembangan SMK Industri Berbasis Kompetensi yang Link And Match dengan Dunia Industri yang diterima oleh Perwakilan Perusahaan pada kesempatan acara Wisuda Lulusan SMK-SMTI Pontianak Angkatan ke 47 dan Wisuda Lulusan Program D1 Kimia Analis Angkatan Ke-4 di Hotel Kapuas Palace, Kamis ( 30/11) Foto : Ruslan Humas Prov.


Oleh: (Ruslan)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id