BERITA DAN KEGIATAN

RSUD Soedarso Miliki Cathlab Jantung Ini Salah satu Wujud mimpi Gubernur Cornelis

Jum'at, 12 Januari 2018 08:46 WIB
0 Komentar 30 View
Uncategorized

 

Gubernur Kalbar Cornelis mengutarakan mimpinya terhadap perkembangan RSUD Soedarso menjadi rumah sakit modern yang lengkap, “Saya dari dulu bermimpi agar Rumah Sakit Umum Daerah Soedarso walau kecil tapi lengkap.” Ujar Cornelis ketika melantik pengurus Badan Pengawas Rumah Sakit Provinsi Kalimantan Barat (2018-2021), dan Gedung Cathlab dan Endoscopy, di Aula RSUD Soedarso Pontianak. Kamis (11/1). Sehingga ketika dirinya menjadi Gubernur, pembenahan rumah sakit plat merah tersebut terus dilakukan terutama peralatan dan mutu pelayanan serta kebersihan gedung, bahkan sampai bantuan pemerintah untuk biaya pengobatan melalui kebijakan Jaminan Kesehatan Provinsi yang populer disebut Jamkescor atau Kaminan Kesehatan Cornelis.

Pada kesempatan itu dilakukan juga pemotongan pita oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Frederika Cornelis dilanjutkan peninjauan ruangan Cath-Lab dan Endoscopy didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar dr. Andy Jap dan Direktur RSUD Sudarso dr. Yustar Mulyadi, Sp.PD, KGEH FINASIM.

Dijelaskan Cornelis, BPRS Provinsi dibentuk Gubernur apabila jumlah Rumah Sakit di Provinsi paling sedikit 10 rumah sakit. BPRS Provinsi dalam melaksanakan tugasnya berkoordinasi dengan BPRS Nasional dan Dewan Pengawas Rumah Sakit masing-masing Rumah Sakit. Terkait tugas pokok dan fungsi BPRS Provinsi, Cornelis mengatakan supaya setelah dilantik agar menjalankan tugas fungsinya pembinaan dan pengawasan yang diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan yang terjangkau masyarakat, peningkatan mutu pelayanan kesehatan, keselamatan pasien, pengembangan jangkauan pelayanan dan peningkatan kemandirian rumah sakit.

”Dengan terbentuknya BPRS Provinsi Kalimantan Barat baik Rumah Sakit Pemerintah maupun Swasta dapat meningkatkan pelayanannya sehingga lebih professional dan siap menghadapi persaingan era globalisasi.” Ujar Cornelis.

Terkait keteterisasi jantung yang barusan diresmikannya menjadi modal dasar karena RSUD Sudarso yang Rujukan Nasional. “Sejak 2015 saya mendukung untuk dikembangkannya pelayanan kateterisasi jantung di RSUD Sudarso, karena penyakit Jantung merupakan penyakit yang mematikan jika tidak ditolong dengan segera.” Ujar Cornelis.

Lebih lanjut Cornelis mengatakan bahwa fakta penyakit jantung menduduki peringkat 1 dari 10 besar penyakit di RSUD Sudarso, maka pelayanan Chathlab ini kehadirannya sangat dinantikan pasien jantung.

“Masyarakat Kalbar tidak perlu lagi ke Jakarta atau kota besar lainnya bahkan ke luar negeri untuk pemasangan ring atau cincin jantung.” Terang Cornelis.

Mantan Bupati Landak itu mendukung langkah RSUD Sudarso bekerjasama dengan FKUI-RSCM, FK UNAIR-RS Dokter Soetomo Surabaya dan Rumah Sakit Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta.( Nasir Humpro

 


Oleh: (M. Nasir)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id