BERITA DAN KEGIATAN

Wibersono Buka Rakor Pemeliharaan Trantibum dan Trantibmas Lintas Kabupaten/Kota Se-Kalbar

Rabu, 28 Maret 2018 14:00 WIB
Komentar 222 View

Pontianak - Wibersono L. Djait sebagai pejabat yang mewakili Sekda Provinsi Kalbar membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Pemeliharaan Trantibum dan Trantibmas Lintas Kabupaten/Kota Se-Kalbar, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (28/03/2018).

Dalam sambutan Sekda yang dibacakan, Wibersono menyampaikan selamat mempringati HUT Satpol PP Ke-68 dan Satlinmas Ke-56 kepada seluruh jajarang Anggota Pol PP dan Anggota Satlinmas di seluruh wilayah Kalbar. Pada kesempatan tersebut pula disampaikan penghargaan dan apresiasi atas loyalitas dan dedikasi Anggota Pol PP dan Anggota Satlinmas dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum serta memberikan perlindungan masyarakat.

Selain itu, melalui momentum peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas ini diharapkan terjadi peningkatan kinerja dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan.

Wibersono mengatakan, sebagaimana diketahui bahwa tahun 2018 ini ada 171 daerah, termasuk 6 daerah ada di Kalbar yaitu Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Kayong Utara, serta Provinsi Kalbar akan melaksanakan pesta demokrasi secara serentak pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Sesuai tema Rakor kali ini "Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak Tahun 2018" maka dimintakan pada kesempatan tersebut seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas untuk tegas bersikap netral dan profesional selama proses demokrasi ini berlangsung.

"Seluruh jajaran Satpol PP dan Satlinmas harus siap sedia terhadap berita-berita bohong (hoax), isu-isu pemecah belah serta tindakan-tindakan prosedural pada saat masa kampanye saat ini", kata Wiber.

"Lakukan deteksi dini dan cegah dini atas setiap potensi konflik yang dimungkinkan akan muncul", tegas Wiber.

Wiber menyampaikan hal-hal lain yang perlu dilakukan oleh jajaran Satpol PP dan Satlinmas selama pelaksaan proses demokrasi ini adalah melakukan komunikasi, koordinasi terhadap pihak-pihak terkait seperti KPU, Bawaslu, TNI/Polri serta Badan Kesbangpol. Komunikasi dengan tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat pun perlu terus dilakukan agar dapat mencegah setiap potensi gangguan Trantibmas yang ada.

Kegiatan Rakor Pemeliharaan Trantibum dan Trantibmas Lintas Kabupaten/Kota Se-Kalbar Tahun 2018 dihadiri oleh para Kasat Pol PP Kabupaten/Kota Se-Kalbar beserta jajarannya dan Anggota PPNS Se-Kalbar. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Direktur Pol PP dan Linmas Kemendagri RI, Ir. Assadullah yang nantinya akan memberikan materi tentang Peran Satpol PP dan Satlinmas dalam Pilkada Serentak Tahun 2018.

 


Oleh: (Nur Juliansyah, S.IP)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id