BERITA DAN KEGIATAN

Puncak Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas: Gelar Apel Gabungan Satpol PP Se-Kalbar

Jum'at, 30 Maret 2018 08:30 WIB
172 View

PONTIANAK - Puncak peringatan HUT Satpol PP Ke-68 dan Satlinmas Ke-56 Tahun 2018 berlangsung meriah dengan digelarnya Apel Gabungan Satpol PP Se-Kalbar di halaman Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (29/03/2018). Dalam apel tersebut bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Pj. Gubernur Kalbar Drs. Dodi Riyadmadji, MM.

Saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Pj. Gubernur Kalbar menyampaikan beberapa hal penekanan kepada seluruh jajaran Satpol PP. Pertama, Satpol PP yang merupakan Aparat Sipil Negara (ASN) dituntut untuk bertindak netral, bersikap profesional dalam memberikan pelayanan publik, bebas intervensi politik, serta bersih dari praktik KKN.

Kedua, Satpol PP sebagai aparat yang menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat harus bersikap pro aktif mencermati gelagat dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi di daerah dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan.

Hal ketiga yang disampaikan oleh Pj. Gubernur Kalbar ini adalah Anggota Satlinmas harus senantiasa pro aktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggal masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum.

Terakhir dipesankan bahwa Anggota Satlinmas diharapkan dapat bertugas secara optimal membantu petugas KPPS pada saat hari pemungutan suara agar berlangsung dengan aman, tertib dan tentram.

Terpisah, Wibersono L. Djait, S.Sos selaku Kasat Pol PP Provinsi Kalbar mengatakan bahwa Apel Gabungan ini dihadiri oleh sekitar 250 Anggota Satpol PP yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota Se-Kalbar, Anggota Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), TNI, Polri, serta unsur ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar.

Wibersono juga menyampaikan, tujuan dari digelarnya Apel Gabungan adalah untuk mengetahui kondisi terkini kekuatan personel serta sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Satpol PP Se-Kalbal dalam mengawal Pilkada Serentak Tahun 2018.

"Intinya dengan kekuatan dan sumber daya yang ada, kami Satpol PP dan Satlinmas siap untuk mengawal Pilkada Serentak Tahun 2018", tutup Wiber.`

 


Oleh: (Nur Juliansyah, S.IP)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id