BERITA DAN KEGIATAN

FOCUS GROUP DISCUSSION PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN DPMPTSP PROVINSI KALBAR TAHUN 2018

Senin, 9 April 2018 09:14 WIB
Komentar 353 View

Selasa 3 April 2018, bertempat di Aula DPMPTSP Prov. Kalbar, Kepala DPMPTSP Prov. Kalbar Drs. Junaidi, MM membuka acara Fokus Group Discussion (FGD) Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan DPMPTSP Prov. Kalbar yang dihadiri oleh Tim Teknis dari Instansi Terkait Pelayanan Perizinan. Selanjutnya Junaidi menyampaikan bahwa  mengelola dan bekerja di dalam unit kerja  PTSP tentu tidak sederhana dan mudah. Banyak aspek yang melatar belakanginya antara lain semula izin dan rekomendasi berada di Unit/SKPD Teknis dengan diltariknya  kewenangan tersebut dilaksanakan di PTSP tentu membawa berbagai konsekuensi, terutama hubungan koordinasi penyelenggara PTSP dengan instansi asal.

Demikian juga dengan dukungan/keberadaan sumber daya manusia yang mumpuni untuk di PTSP harus benar-benar menjadi prioritas, agar penyelenggaraan pelayanan perizinan berjalan dengan baik sesuai harapan masyarakat yang dilayani. Faktanya hampir semua penyelenggara PTSP menghadapi permasalahan atau kendala yang sama  adalah keterbatasan SDM baik dari segi kuantitas maupun kualitas, alokasi dana untuk mendukung operasionalisasi pelayanan perizinan dan non perizinan serta sarana dan prasarana belum  memadai.

Meskipun mengalami berbagai kendala,  Junaidi mengapresiasi hasil kerja DPMPTSP Provinsi, mampu mewujudkan apa yang menjadi kemauan dan visi dari dibentuknya PTSP sebagaimana diatur dalam Peraturan perundang-undangan, yaitu untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, pasti, dan terjangkau.

Untuk pelayanan perizinan dan non perizinan yang dilimpahkan ke DPMPTSP Provinsi Kalbar sesuai Peraturan Gubernur Nomor 55 Tahun 2017, sepanjang tahun 2017 sebanyak 587 Izin dan 389 Non Izin untuk Bidang Penanaman Modal, bidang Perindustrian dan Perdagangan, Bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral, Bidang Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Bidang Perkebunan, Bidang Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Bidang Kelautan dan Perikanan, Bidang Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bidang Kehutanan, Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Biro Perekonomian Setda Provinsi Kalbar.

Bidang Perizinan dan Non Perizinan yang belum ditangani ada masuk permohonannya pada Tahun 2017 adalah Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Perhubungan, Bidang Kesehatan dan Bidang Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata.

Mengingat tujuan, peran dan manfaat penyelenggaraan PTSP yang begitu besar dan strategisnya peran dari aparatur pelayanan di PTSP, Junaidi berharap kepada para Tim Teknis Peserta FGD hendaknya benar-benar dituntut untuk senantiasa meningkatkan kemampuan, kualitas dan profesionalitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, untuk itu kapasitas dalam melayani hendaknya selalu ditingkatkan. Termasuk harapan untuk merancang kebijakan yang berpihak pada masyarakat yang dilayani.

Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id