BERITA DAN KEGIATAN

Penganugerahan Untan Royal Award Kepada Pj. Gubernur Kalbar

Sabtu, 12 Mei 2018 14:22 WIB
0 Komentar 90 View
Uncategorized

 

 

Pontianak -Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmadji memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Universitas Tanjungpura (Untan) yang telah menganugerahkan Untan Royal Award kepada dirinya.

“Terimakasih kepada Untan atas penghargaan ini. Saya ucapkan selamat kepada para penerima anugerah Untan Royal Award yang memiliki perhatian di bidang pendidikan,” ungkapnya saat acara peringatan Dies Natalis Ke-59 Universitas Tanjungpura (Untan) di Gedung Auditorium Untan, Jalan Moh Isha Pontianak, Jumat (11/5/2018).

Dodi mengatakan sesuai tuntutan era globalisasi saat ini dibutuhkan manusia-manusia yang tangguh dan handal, sehingga mampu bersaing di tataran nasional dan internasional.

 

“Di tengah budaya yang cenderung mengharapkan kemudahan dari lapangan kerja yang tersedia, tidaklah mudah untuk mengambil sikap yang demikian,” terangnya.

Ia mengharapkan kepada semua pihak untuk terus berupaya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi aset bagi pembangunan bangsa dan negara.

“Saya percaya Untan telah berupaya optimal tingkatkan kualitas lulusan dan meningkatkan citra lembaga ini,” imbuhnya.

Kualitas lulusan harus terus ditingkatkan karena tuntutan globalisasi di berbagai aspek kian terbuka dan ketat menuntut pula daya saing yang tinggi. Upaya-upaya yang dilakukan harus dinamis, kreatif dan antisipatif.

“Melalui peningkatan dan pengembangan program antara lain penyediaan fasilitas pendukung proses pembelajaran, penerapan manajemen, metode dan sistem pembelajaran modern, sistem evaluasi peningkatan profesionalisme dosen dan penyediaan buku-buku pelajaran berkualitas,” katanya.

 

Ia menambahkan era globalisasi saat ini, persaingan kian ketat dan akan terjadi migrasi tenaga kerja dari tempat satu ke tempat lain. Sehingga, hanya yang unggul yang akan memiliki aksesibilitas terhadap suatu pekerjaan.

“Kita umumnya menerima sebagai suatu axioma. Suatu kebenaran yang tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa pendidikan adalah kunci kemajuan setiap bangsa,” jelasnya.

Jika mengkaji sejarah bangsa-bangsa, manusia terdidik, kreatif, terampil dan menguasai IPTEK (Ilmu, Pengetahuan dan Teknologi) adalah penggerak utama kemajuan bangsa.

“Sejarah juga mencatat, kekayaan alam yang melimpah bukan jaminan untuk kemajuan dan kemakmuran. Bahkan tidak jarang yang gagal maju karena tidak mampu mengawal dengan baik proses kemajuannya,” timpalnya.

Dodi berharap kondisi ini menjadi refleksi bagi seluruh civitas akademika Untan untuk terus berusaha meningkatkan kualitas lulusan yang profesional.

“Saya beri apresiasi kepada Untan yang telah berkiprah mencetak SDM Kalbar profesional dan konsisten menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tukasnya.  ( Nasir Humas)



 

 

 

A

 

 

Oleh: (M. Nasir)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id