BERITA DAN KEGIATAN

OPERASIONALISASI LKPM DAN SPIPISE ONLINE

Senin, 21 Mei 2018 15:29 WIB
0 Komentar 208 View

Rabu 16 Mei 2018, bertempat diruang kerjanya Sekretaris DPMPTSP Provinsi Kalimantan Barat Kurniasari, S.Sos menerima ASN dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Utara dalam rangka Magang Operasionalisasi LKPM Online, Spipise dan Pengelolaan Data PM.

Didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Informasi Alhani, S.Ap, Kurniasari menjelaskan bahwa Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) adalah kewajiban dari setiap badan usaha maupun usaha perorangan yang melakukan usaha di Indonesia yang telah memiliki pendaftaran PM/Izin Prinsip/Izin Investasi. Kelancaran menyampaikan LKPM perlu dilakukan badan usaha atau usaha perseorangan untuk menjamin keberlanjutan usahanya.

Dasar hukumnya adalah Undang-undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Peraturan BKPM No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal dan Peraturan BKPM No. 13 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perizinan dan Fasilitasi PM

Sebagai Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Informasi, Alhani menjelaskan bahwa LKPM Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Provinsi Kalimantan Barat sejak tahun 2012 telah menerbitkan Perizinan dan Fasilitasi PM dengan menggunakan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE).

Untuk mendukung sistem antara SPIPISE dengan Sistem Perizinan Daerah, DPMPTSP Provinsi Kalimantan Barat siap untuk menerapkan SPIPISE Online dan digitalisasi produk secara digital untuk penerbitan pendaftaran PM dan Izin Usaha.

Sehubungan dengan hal tersebut berdasarkan Peraturan BKPM No. 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Cara Pengendalian Pelaksanaan PM penyampaian LKPM wajib dilakukan secara dalam jaringan (Daring/Online) melalui http://lkpmonline.bkpm.go.id dengan menggunakan hak akses yang diberikan oleh BKPM. Hak akses dapat diajukan secara online melalui http://online.spipise.lkpm.go.id melalui menu pendaftaran akun. Bagi perusahaan yang belum dapat menyampaikan LKPM secara online agar berkoordinasi dengan Instansi yang menangani Penanaman Modal. Untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Barat melalui Email : dpmptspkalbar@gmail.com  

Selanjutnya Alhani mempersilahkan para ASN DPMPTSP Provinsi Kaltara melihat langsung cara mengoperasionalkan LKPM Online.


Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id