BERITA DAN KEGIATAN

RAPAT KOORDINASI PIMPINAN DAERAH DALAM MENDUKUNG PENYELENGGARAAN PTSP DI PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Jum'at, 20 Juli 2018 15:03 WIB
Komentar 369 View

 

Sebagaimana kita ketahui Investasi merupakan motor penggerak bagi pertumbuhan ekonomi daerah, bahkan berdasarkan data yang ada senantiasa memberikan informasi kepada kita bahwa investasi yang tumbuh dan berkembang dengan baik, telah berkontribusi yang positif dan signifikan dalam proses pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat Drs. Dodi Riyadmadji, MM saat menyampaikan sambutan didepan para Pimpinan Daerah, yaitu Bupati/Walikota dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota serta para Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota se Kalimatan Barat pada hari Rabu Malam 18 Juli 2018 Pukul 19.00 WIB bertempat di Hotel Mercure Pontianak

Didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalimantan Barat, Dodi juga menjelaskan bahwa pada era otonomi daerah sekarang ini, pembangunan daerah yang intinya adalah merupakan pemberdayaan daerah, telah mengamanatkan bahwa daerah harus mampu mengatur, mengurus dan mengelola kepentingan serta aspirasi masyarakat di wilayahnya.

Oleh karena itu menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pimpinan daerah untuk bagaimana mengelola pemerintahan daerah agar semakin lebih bermanfaat bagi masyarakat, tetapi secara bersamaan juga harus mampu meningkatkan investasi daerah. Menjaga dan mengawal agar investasi didaerah berjalan dengan aman dan kondusif tentu menjadi tantangan bagi pemerintah daerah itu sendiri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai kebijakan, regulasi, program terobosan harus dapat diciptakan secara terus-menerus, baik oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat maupun Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat, agar pembangunan di daerah yang selama ini dicita-citakan untuk mensejahterakan masyarakat Kalimantan Barat dapat  tercapai dengan baik, dan investasi sebagai salah satu daya dukung peningkatan pembangunan di daerah serta pemberdayaan masyarakat di daerah dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan terus meningkat, dengan dukungan dan komitmen yang sepenuhnya oleh masing-masing Pimpinan Daerah.

Dalam upaya mendorong dan memacu masuknya investasi ke daerah, tentunya dibutuhkan sinergitas dan koordinasi yang intens antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat. Diketahui bahwa upaya yang telah dilakukan selama ini untuk mendorong dan memacu masuknya investasi ke daerah, telah banyak dan sangat beragam yang dilakukan, baik oleh Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, yang dimulai dengan hal-hal yang menyangkut regulasi, peningkatan kelembagaan dan SDM, antara lain dengan membentuk PTSP di seluruh Kabupaten/Kota dan telah melimpahkan kewenangan pengelolaan pelayanan perizinan dan non perizinan ke PTSP meskipun belum seluruhnya, yang kesemuanya memberikan andil dan kontribusi dalam percepatan peningkatan investasi di Provinsi Kalimantan Barat.

Diyakini  bahwa regulasi di bidang perizinan merupakan salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap kepercayaan investor dalam meningkatkan investasinya di daerah, karena dengan proses perizinan dan non perizinan yang mudah, cepat, dan transparan melalui penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), akan memberikan motivasi dan keyakinan besar bagi pengusaha maupun investor untuk menanamkan dan mengembangkan investasi ke daerah, dan hal ini yang perlu kita kawal dan kembangkan kebijakan regulasi yang  dapat menciptakan suasana di daerah senantiasa aman dan kondusif, sehingga investasi di daerah setiap tahun mengalami peningkatan yang pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Kalimantan Barat.

 

Dilanjutkan Dodi bahwa Pelaksanaan Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah se Kalimantan Barat ini bertujuan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan perizinan dan non perizinan di daerah menuju PTSP Prima sebagaimana  yang diamanatkan oleh Pemerintah melalui berbagai regulasi dan kebijakan. Hal tersebut disebabkan oleh pelayanan perizinan termasuk ujung tombak bagi Pemerintah Daerah melakukan percepatan dan peningkatan investasi di daerah  yang tentunya sejalan dengan arah kebijakan dan langkah strategis peningkatan pelayanan publik yang semakin merata agar mampu mendukung percepatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing daerah.

Salah satu kebijakan Pemerintah yang paling anyar saat ini adalah terkait dengan implementasi Online Single Submission (OSS), sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. Kesiapan PTSP Daerah dalam menghadapi implementasi Online Single Submission (OSS) sebagaimana diatur dalam Peraturan  Pemerintah tersebut secara tertulis telah ditegaskan oleh Menteri Dalam Negeri melalui surat Nomor 503/4033/SJ tanggal 28 Juni 2018 yang ditujukan kepada Bupati/Walikota seluruh Indonesia, yang meminta kesediaan Bupati/Walikota mengimplementasikan OSS melalui langkah-langkah antara lain sebagai berikut :

  1. Menyederhanakan jenis pelayanan perizinan dan non perizinan.
  2. Membentuk Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha.
  3. Mendelegasikan seluruh kewenangan perizinan dan non perizinan kepada Kepala DPMPTSP.
  4. Menyiapkan fasilitas untuk penerapan OSS.
  5. Mendukung pembiayaan penyelenggaraan PTSP.

Kehadiran Bapak/Ibu selaku pimpinan daerah dalam rapat koordinasi ini menunjukkan komitmen kita bersama untuk mendukung penyederhanaan perizinan dan nonperizinan melalui PTSP Prima dengan penerapan standar pelayanan publik, system informasi perizinan, penguatan kelembagaan dan manajemen pelayanan publik. Peningkatan pelayanan prima pada PTSP merupakan kesadaran bersama sebagai bagian dari penyelenggaraan pemerintahan itu sendiri.

Dengan komitmen bersama dari pimpinan daerah tentunya diharapkan agar kedepan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pelaku usaha, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing daerah.

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, khususnya terkait pelayanan perizinan dan non perizinan melalui penyelenggaraan PTSP, merupakan rangkaian proses untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan dan regulasi yang diamanatkan kepada Pemerintah Daerah.

Oleh karena itu, kepada seluruh peserta, saya berharap, agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan penuh tanggungjawab. Tugas mulia untuk memberikan pelayanan yang lebih baik atau pelayanan prima kepada masyarakat, termasuk di dalamnya Dunia Usaha sangat ditunggu dan dinanti-nantikan oleh masyarakat,  namun di sisi lain kita selaku  Aparatur  Sipil  Negara (ASN) sangat membutuhkan regulasi yang aman dan bijaksana sebagai pedoman untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Dodi berharap, semoga kegiatan ini dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar serta dapat melahirkan komitmen dan kesepakatan ataupun rekomendasi yang akan menjadi pedoman bersama dalam penyelenggaraan PTSP, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat. Dengan demikian,  tujuan yang ingin kita capai atas penyelenggaraan kegiatan Rapat Koordinasi ini, yaitu peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara bersama-sama dapat kita wujudkan.

Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id