BERITA DAN KEGIATAN

PEMBUKAAN PAMERAN KALBAR EXPO TAHUN 2018

Jum'at, 27 Juli 2018 10:49 WIB
96 View

Pameran Kalbar Expo yang berlangsung mulai hari ini, tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2018, dilaksanakan dengan maksud dan tujuan antara lain mempromosikan produk unggulan daerah, potensi dan peluang investasi serta meningkatkan pepencitraan Kalimantan Barat sebagai daerah yang kondusif untuk berinvestasi.

Hal tersebut  disampaikan  oleh  Sekretaris  Daerah  Provinsi  Kalimantan  Barat Dr. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM mewakili Pj. Gubernur Kalimantan Barat pada Pembukaan Pameran Kalbar Expo Tahun 2018 pada hari Kamis 26 Juli 2018 pukul 14.00 WIB bertempat di Pontianak Convention Center.

Zeet melanjutkan bahwa dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dengan telah diberlakukannya MEA sejak tahun 2016, kita dituntut untuk lebih luas lagi memanfaatkan peluang dan menghadapi tantangan. Kreatifitas dan inovasi dalam menghasilkan produk dan jasa yang lebih bersaing akan lebih bisa menunjang eksisnya produk dan jasa dari dalam negeri.

Disamping itu, peningkatan kualitas SDM dan pemanfaatan SDA harus terus dilakukan seoptimal mungkin dalam persaingan di pasar bebas ini. Sebagai masyarakat yang dinamis, sudah selayaknya kita harus bisa melihat lebih banyak dampak positif dan proaktif mengikuti perkembangan/trend yang ada di masyarakat.

Salah satu strategi yang selalu dilakukan dalam memasarkan potensi/produk adalah dengan membangun jaringan komunikasi yang dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain pameran atau expo sebagaimana yang kita laksanakan hari ini. Di samping itu kita juga harus mampu untuk memanfaatkan  teknologi informasi yang sudah semakin maju dan canggih, agar jangan sampai kita hanya menjadi penonton di rumah sendiri.

Kita memiliki peluang untuk memanfaatkan dan meningkatkan keunggulan dan daya saing yang ada di daerah masing-masing. Kita memiliki modal yaitu wilayah  yang strategis ditunjang dengan sumber daya alam yang sangat beragam, tambang, flora, fauna dan alamnya serta sumber daya manusia yang produktif.

Tetapi kekayaan tersebut tentu tidak bisa seketika dapat mensejahterakan kita, apabila kita tidak bekerja keras dan berpikir kreatif agar produk dan jasa yang kita hasilkan tidak kalah bersaing, memiliki competitive advantage serta nilai tambah untuk dipromosikan dan dikenal oleh dunia luar.     

Intinya, Kita harus terus meningkatkan promosi potensi unggulan daerah, melakukan pembinaan UMKM potensial, mendorong tumbuhnya pelaku-pelaku Usaha Kecil Menengah, disertai dengan penyebarluasan informasi tentang kebijakan kemudahan berusaha dan berinvestasi yang diberikan oleh Pemerintah kepada calon investor yang akan melakukan kegiatan usahanya di daerah. Salah satu upaya konkrit yang dapat kita lakukan untuk memfasilitasi hal-hal diatas adalah dengan melakukan promosi yang terintegrasi melalui penyelenggaraan Kalbar Expo 2018 ini.

Kalbar Expo 2018 merupakan pameran yang mensinergikan antara investasi, pariwisata dan perdagangan, dan juga menampilkan berbagai hasil pembangunan yang telah dicapai serta informasi pelayanan perijinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah di berbagai sektor. Dengan demikian, Kalbar Expo yang dilaksanakan untuk ke 13 kali nya ini hendaknya dapat dijadikan salah satu barometer perkembangan investasi, perdagangan dan juga pertumbuhan jenis dan aktivitas usaha dari UMKM. 

Mengingat Kalbar Expo tidak hanya diikuti oleh peserta dari Provinsi Kalimantan Barat, tentu diharapkan akan membuka peluang tumbuhnya jejaring bagi pelaku-pelaku usaha.

Oleh karena itu saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini dan berharap event ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, sebagai moment yang tepat untuk membangun komunikasi dan jalinan kerjasama dalam hal perdagangan dan pengembangan produk UMKM. Meskipun event ini nantinya akan berakhir, namun jalinan kerjasama hendaknya tetap terjaga dan berlanjut dengan saling tukar menukar informasi dan mempromosikan secara bersama-sama keunggulan yang dimiliki satu sama lainnya.

Akhir kata, Saya atas nama  Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Instansi Pemerintah baik Pusat maupun Daerah dari seluruh Indonesia, BUMN/BUMD, Pelaku Usaha Nasional, serta pelaku industri dan perdagangan yang telah berpartisipasi dalam Kalbar Expo ini, baik sebagai peserta maupun sponsor kegiatan ini. Juga kepada PT. Aaliyah Cipta Pradana yang selama ini telah menjadi mitra Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam penyelenggaraan pameran Kalbar Expo, Kami sampaikan ucapan terima kasih. Semoga kerja keras kita semua dalam menyelenggarakan Kalbar Expo ini secara baik, sukses dan lancar dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan perekonomian di Kalimantan Barat.


Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 


Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id