BERITA DAN KEGIATAN

VISITASI PENILAIAN BADAN PUBLIK TAHUN 2018

Jum'at, 24 Agustus 2018 09:24 WIB
0 Komentar 159 View

Pontianak, Selasa (21/8/18), Sekretaris DPMPTSP Prov. Kalbar Kurniasari, S.Sos beserta Tim PPID Pembantu mewakili Kepala DPMPTSP Prov. Kalbar  menerima Tim Visitasi Komisi Informasi Provinsi (KIP) yang dipimpin oleh Catharina Pancer Istiyani untuk melakukan penilaian Badan Publik.

Sebelumnya Kuesioner Penilaian Mandiri/Self Assessment Questionnaire (SAQ) telah disampaikan kepada DPMPTSP Provinsi Kalimantan Barat dan melalui visitasi tersebut penilaian dilakukan secara langsung oleh Tim untuk memastikan apakah dokumen dokumen SAQ secara fisik telah tersedia.

Dalam arahannya Catharina menyampaikan secara singkat maksud dan tujuan dari visitasi ini adalah untuk mengetahui tingkat pelaksanaan Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik oleh Badan Publik dalam menjalankan kewajiban dan memberikan akses informasi publik ke masyarakat, melalui pengembangan metode dan instrument pemeringkatan Badan Publik.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa  Komisi  Informasi  adalah pengawal   keterbukaan   informasi  di   Indonesia,  yang  memiliki   tugas   utama menyelesaikan sengketa antara masyarakat dengan badan publik terkait dengan informasi publik, dan hal tersebut bukanlah suatu tugas yang  mudah karena keterbukaan informasi adalah mencakup mental, mindset, sikap dan budaya yang memerlukan komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi dan konsistensi untuk mewujudkannya.

sebagai Badan Publik DPMPTSP diminta untuk menyiapkan dan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan, seperti :

  1. Dokumen SK Penunjukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID);
  2. Daftar Informasi Publik (DIP)
  3. Dokemen Peraturan/Keputusan/Kebiajakan;
  4. Surat-surat Perjanjian Pihak Ketiga;
  5. Dokumen Regulasi/Kebijakan mengenai Pengelolaan Organisasi, Pengelolaan Adminstrasi, Personil dan Pedoman Keuangan;
  6. Dokumen Profil lengkap Pimpinan dan Pegawai Badan Publik;
  7. Dokumen Laporan Keuangan;
  8. Dokumen Pengadaan Barang dan Jasa;
  9. Dokumen Rencana Strategis dan Rencana Kerja Tahun 2018;
  10. Dokumen SOP Pelayanan Publik;
  11. Hasil hasil penelitian Badan Publik;
  12. Dokemen SK Standar Biaya Perolehan Salinan Informasi Publik;
  13. Dokumen Rapat Koordinasi Secara Rutin Terjadwal;
  14. Dokumen Surat Menyurat (Masuk dan Keluar);
  15. Dokumen Pengujian Konsekuensi;
  16. Tempat Penyimpanan Dokumen Digitalisasi;

Acara Visitasi diakhiri dengan Poto Bersama.

Oleh: (Uray Iswan, S.E.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id