BERITA DAN KEGIATAN

Pemprov Kalbar Rutin Lakukan Pembinaan bagi Aparatur Desa

Kamis, 21 Juni 2018 10:15 WIB
30 View

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Barat, Alexander menegaskan pihaknya telah berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan aparatur Pemerintah Desa, salah satunya dengan menggelar Bimbingan Teknis rutin.

“Pemprov rutin memberikan bimbingan teknis (bimtek) setiap tahun bagi aparatur desa yang dipusatkan di masing-masing kabupaten/kota,” ungkapnya, Rabu (20/6/2018) di Pontanak.

Ditambahkannya, tidak hanya bagi aparatur desa, bimtek juga diberikan kepada aparatur kecamatan. Bimtek dilakukan secara periodik oleh Pemerintah Kabupaten/kota masing-masing. “Setiap tahun, ada juga rapat kerja melibatkan pihak-pihak yang terkait dengan dana desa sebagai evaluasi penggunaannya,” terangnya.

Alexandre menegaskan peningkatan kapasitas aparatur Pemdes dilatarbelakangi agar penggunaan Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) dapat tepat sasaran dan tersalurkan sesuai harapan. “Pemprov sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat berharap pengelolaan DD dan ADD dapat sesuai peruntukannya,” katanya.

Ia menambahkan pihaknya tidak ingin ada oknum aparatur desa khususnya di Kalbar yang tersandung kasus penyalahgunaan DD dan ADD karena salah administrasi. “Namun, berbeda jika DD dan ADD memang sengaja diselewengkan untuk kepentingan pribadi dan kelompok maka tidak ada ampun bagi oknum itu untuk diproses sesuai hukum berlaku,” katanya.

Pengawasan DD dan ADD yang lemah, katanya, dapat memicu penyelewengan terhadap pengelolaannya. Ia tidak ingin DD dan ADD disalahgunakan sehingga tidak tercapai pemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat pedesaan. “Jangan sampai DD dan ADD jadi obyek korupsi. Kami sudah tugaskan peran tenaga pendamping desa. Pemprov Kalbar juga memperkuat pendampingan dengan terus merekrut tenaga pendamping desa. Tenaga pendamping desa bertugas mendampingi setiap desa. Termasuk mengingatkan dan memberi pemahaman mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan,” ujar Alexander.

 


Oleh: (Octavianus Johan Enas, S.Sos)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id