BERITA DAN KEGIATAN

Kementerian Kominfo Gelar Forum Komunikasi Daerah

Selasa, 30 Oktober 2018 12:51 WIB
40 View

Gubernur Kalbar yang diwakili Kepala Bappeda Ahi,  membuka kegiatan Forum Komunikasi Daerah, Kerjasama Multi Pihak Dalam Mencapai Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs)/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), di Hotel Santika Pontianak, Selasa (30/10).

Gubernur Kalbar dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bappeda Kalbar Ahi menyampaikan, dalam rangka memastikan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Barat  tentunya bukan hal yang mudah karena masih terdapat tantangan tantangan khususnya di Kalbar.

Antara lain, Satu, target target SDGs yang belum tercapai dimana terdapat 18 indikator ditingkatan nasional dan 29 indikator di provinsi Kalbar. Dua keseterdiaan database baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota perlu diupayakan. Tiga mobilisasi sumber daya selain pemerintah daerah yang berasal dari dunia usaha, masyarakat termasuk kerjasama dengan mitra pembangunan.

Dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Kalbar perlu disusun langkah langkah strategis percepatan pencapaian TPB di Kalbar antara lain satu melakukan pemetaan indikator TPB yang tersedia di Kalbar.

Dua, penggalangan komitmen para pemangku kepentingan baik pemda, pakar akademisi, organisasi masyarakat sipil, media serta pelaku usaha dan milantropi. Tiga, membantu tim koordinasi daerah pencapaian TPB di Kalbar. Empat menyusun rencana aksi pencapaian target TPB dengan mengakomodir  target MDgs yang belum tercapai.

Lima menyediakan informasi yang mendukung pemantauan evaluasi dan pelaporan pencapaian TPB di kalbar dimana masyarakat dapat mengetahui pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di kalbar. Keenam mengoptimalkan peran para pemangku kepentingan selain dari pemerintah dan pemerintah daerah khususnya dukungan sumber daya.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Masyarakat Manusia dan Kebudayaan Kominfo, Wiryanto, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan merupakan kerja sama yang erat antara Kepresidenan, Bappenas, Pemda dan Kominfo. SDGs/TPB yang dilaksanakan di Kalimantan Barat merupakan lokasi kedua kegiatan setelah Semarang.

"Kementerian Kominfo diberi amanah untuk menjelaskan dan menginformasikan kepada masyarakat tentang sejauh mana capaian pemerintahnya. Karena rakyat juga perlu tahu apa saja yang sudah di capai oleh pemerintah," jelas Wiryanto.

Di kesempatan yang sama, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan Yanuar Nugroho mengatakan, negara secara resmi meluncurkan rencana kerja pembangunan yang sangat komprehensif, sinergi institusi pemerintah dan non pemerintah. Ini yang pertama dalam sejarah dan sebuah upaya gotong royong secara nasional dari Sabang sampai Merauke.

Kominfo memiliki peran strategis dalam menyebarkan informasi dan membentuk forum-forum komunikasi dan diskusi mengenai kebijakan pemerintah dalam mencapai Tujuan Pembangunan berkelanjutan (TPB) di daerah.

Inspirasi dari kegiatan forum komunikasi daerah yang dilaksanakan Kepresidenan, Bappenas, kominfo dan Pemda Kalbar akan di tularkan ke daerah lain, agar percepatan  kegiatan SDGs/TPB dapat dilaksanakan secara inklusif di seluruh Indonesia

 


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id