BERITA DAN KEGIATAN

PPID Pemprov Kalbar Mendapat Kunjungan Dari PPID Utama Kabupaten Buleleng

Minggu, 21 Oktober 2018 16:57 WIB
59 View

Sebanyak 50 orang  PPID Utama (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ) Buleleng yg dipimpin Dr. I Ketut Suweca terdiri dari  Plt kepala dinas dan sebagian besar sekretaris di OPD Kabupaten Buleleng hadir ke Kalbar  dalam rangka mempelajari  tata kelola PPID Kalbar yang tahun lalu meraih peringkat pertama Transparansi Informasi untuk Badan Publik di Indonesia. Kehadiran PPID Buleleng  ini disambut Asisten Administrasi dan Umum Dra. Marlyna, M.Si  dan  Ketua KI Kalbar Rospita Vici Paulyn,  serta pejabat PPID Pemprov Kalbar di ruang  praja 2. Minggu 21/10/2018

Banyak yang ingin mereka ketahui terkait dengan kelembagaan.  Aturan Kementerian Dalam Negeri No. 3 Tahun 2017, terkait dengan Pengelola Layanan Informasi dan Dokumentasi (PLID) bukan hanya PPID dan PPID juga  merupakan bagian dari PLID.
 

Hal yang sangat mendasar bagi Ketua rombongan PPID Buleleng I Ketut Suweca dalam kunjungannya menanyakan, "Langkah-langkah apa yang dilakukan PPID Kalbar dalam mencapai prestasi terbaiknya sebagai peringkat pertama Transparansi Informasi untuk Badan Publik di Indonesia.,  bagaimana SDM yang disiapkan dan Sarana dan Prasarana apa saja yang dibutuhkan apakah melibatkan pihak ketiga dalam mendukung pengadaan sarana dan prasarana, misalnya adanya media center, "ujarnya


Dra. Marlyna, M.Si  menyatakan bahwa PPID Utama Kalbar menjalin kerjasama yang baik dengan PPID pembantu di OPD-OPD maupun PPID Utama di kabupaten/kota, serta  dengan KI Prov.  Kalbar.

“Untuk sumber daya manusia, secara berkala kami  menyelenggarakan Sosialiasi dan Rakor dengan mengundang PPID Pembantu OPD, Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, PTN, PTS, LSM, PPID Utama Kab/Kota se Kalbar, sedangkan untuk sarana dan prasarana masih terbatas, sementara itu Kalbar sudah punya Commend Center, “jelasnya

"Kemudian,  Pemprov Kalbar bersama Komisi Informasi Provinsi melakukan Monev ke seluruh badan Publik di Kalbar. Begitu  juga komitmen anggaran sudah mengalokasikan  anggaran buat KI Provinsi, serta mengembangkan aplikasi secara online untuk penyajian informasi serta pengelolaan dokumen," paparnya.

Terintegrasinya pelayanan informasi pada website ppid.kalbarprov.go.id dengan sikedip.kalbarprov.go.id serta PPID Pembantu dilingkungan Pemprov. Kalbar dan PPID Utama Kab/Kota se Kalbar, ini juga satu hal yg sangat penting yang semakin membuat akses transparansi informasi di Pemprov Kalbar terbuka lebar.

Disampaikan pula oleh Ketua Komisi Informasi Kalbar Rospita Vici Paulyn, “terkait implementasi keterbukaan informasi ada lima indikator. "Yaitu bagaimana badan publik mengumumkan informasi, menyediakan informasi, pelayanan informasi, pengelolaan dan pendokumentasian, serta komitmen pimpinan," pungkasnya

 

 


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id