BERITA DAN KEGIATAN

Pemprov Kalbar Ingin Asrama Haji Dekat Dengan Akses Bandara Supadio

Senin, 22 Oktober 2018 15:27 WIB
34 View

Wakil Ketua DPRD Kalbar Ermin Elviani memimpin langsung Rapat Paripurna yang dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan dan 34 anggota DPRD Kalbar dengan agenda pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kalbar terhadap Nota Penjelasan Gubernur Kalbar.

Terkait Raperda tentang APBD Provinsi Kalbar tahun anggaran 2019 dan dua Raperda yang diusulkan Pemprov Kalbar. Rapat Paripurna berlangsung di ruang Balairung Sari Kantor DPRD Kalbar, Senin (22/10).

Raperda yang diusulkan oleh Pemprov Kalbar  tentang penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah dan Pembiayaan Transportasi Lokal Jamaah Haji serta Raperda Pengelolaan Barang Milik Daerah disetujui oleh DPRD Kalbar.

“Kita melihat Asrama Haji Pontianak kurang representatif dan Pemprov Kalbar ingin asrama haji dibangun dan dikelola dengan baik. Saat ini lahan Asrama Haji cukup kecil dan tidak bisa menampung jamaah haji yang tiap tahunnya makin bertambah, kita lihat Batam dan daerah lainnya yang cukup baik serta bisa menampung jamaah yang cukup banyak, “kata Ria Norsan

Untuk luas pembangunan Asrama Haji yang dibutuhkan berkisar antara lima hingga sepuluh hektar, jika kalau memang tidak ada lahan lagi, dengan lahan yang ada kita kembangkan pembangunannya saja dengan meningkatkan bangunan gedung Asrama Haji itu.

Jika kita nanti jadi embarkasi sendiri dan lokasi Asrama Haji bisa memungkingkan di Kubu Raya tentu sangat dekat dengan bandara Supadio dan jamaah haji yang pergi dan pulang dari melaksanakan Haji bisa langsung ke Asrama Haji yang lokasinya tidak jauh.

“Untuk pembebasan lahan kita yang lakukan sedangkan untuk pembangunan Asrama Haji nanti kita serahkan sepenuhnya ke Kementerian Agama. Bisa saja lahan kita yang ada ini ditukar gulingkan, kita berharasp  dapat lahan yang lebih besar dan dekat dengan akses bandara,” ujar Ria Norsan.

Pada sidang paripurna kali ini tujuh fraksi yang ada di DPRD Kalbar, menyetujui dan menerima Raperda yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi Kalbar untuk dibahas lebih lanjut

 


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id