BERITA DAN KEGIATAN

Kominfo Gelar Sosialisasi SICANTIK, KBLI dan PSE

Selasa, 18 September 2018 12:43 WIB
70 View

Direktorat e-Business (sekarang Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kalbar dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Prov. Kalbar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Layanan APTIKA Terintegrasi serta Bimbingan Teknis Layanan  Sistem Informasi Cerdas Layanan Perizinan Terpadu (SICANTIK) dan layanan Pendaftaran Penyelenggaraan Sistem Elektronik (PSE) Instansi Penyelenggara Negara serta Sosialisasi Kode Klarifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 63122 yang di Ballroom Kalimantan, Hotel Aston Pontianak, Selasa (18/09).

Drs. Alfian, M.Si, selaku Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kalbar secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan tersebut.
Dalam sambutannya, Alfian menyampaikan  bahwa Industri digital merupakan salah satu sektor ekonomi yang memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi dan Indonesia pada Tahun 2016 merupakan negara yang memiliki jumlah startup tertinggi di Asia Tenggara. Pertumbuhan industri digital yg pesat ini juga terjadi di Kalimantan Barat dengan berbagai startup yang didominasi oleh anak muda dan berbasis ekonomi kreatif.

Guna mendorong dampak positif tersebut Pemerintah Pusat didukung oleh Pemerintah Daerah telah menyusun regulasi dan turut mengembangkan aplikasi yang bertujuan mempermudah pelaku usaha supaya mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, seperti penetapan KBLI 63122 tentang Portal Web dan Platform Digital.

Mewakili Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, Kasubdit Tata Kelola Sistem Elektronik dan Ekonomi Digital Dr. I Nyoman Adhiarna mengungkapkan bahwa di era pemerintahan saat ini, pemerintah menggeser paradigma birokrasi, dari yang semula sebagai “regulator” menjadi “fasilitator” dan bahkan sebagai “akselerator”.
Selain itu, Pemerintah memiliki visi untuk menempatkan Indonesia sebagai negara dengan kapasitas digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020.
Ia juga berharap, dengan adanya sosialisasi ini para stakeholders di provinsi Kalimantan Barat bisa memanfaatkan layanan-layanan yang diberikan Kominfo dan menjadi bagian dari proses transformasi digital baik di sektor pemerintahan maupun dunia komersial.


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id