BERITA DAN KEGIATAN

Pj Gubernur Kalbar : Budaya Lokal Perekat Rasa Persatuan

Jum'at, 16 Februari 2018 23:49 WIB
41 View

Pj Gubernur Kalimantan Barat Doddy Riyadmadji membuka perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2018, di Stadion Kridasana Singkawang, Kamis (15/2) malam. 

Acara pembukaan itu dihadiri Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Achmad Supriyadi, Kapolda Kalbar Brigjen Pol Didi Haryono, Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wakil Walikota Singkawang Irwan, Forkopimda Kota Singkawang, Kepala OPD serta tokoh masyarakat, Adat dan Agama Kota Singkawang.

“Perayaan Imlek 2569 dan even Cap Go Meh 2018 sebagai salah satu wahana perekat persatuan dan kesatuan bangsa dan kebersamaan dalam dalam bingkai bhinneka Tunggal Ika. Inilah ciri-ciri dan jati diri bangsa Indonesia,” kata Pj Gubernur Kalbar Dodi Riyadmadji.

“Perayaan Imlek dan Cap Go Meh merupakan perayaan yang selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat Kalbar khususnya warga etnis Tionghoa,” kata Doddy Riyadmadji. Karena etnis Tionghoa menganggap bahwa perayaan Imlek dan Cap Go Meh ini merupakan bagian yang terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang lebih kita kenal dengan sebutan Multikulturalisme.

“Sementara atraksi naga, tatung dan barongsai yang akan kita saksikan nanti, tentu akan menggambarkan kultural budaya yang mempunyai daya tarik untuk mendatangkan wisatawan-wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” ujarnya.

Di sisi lain, bahwa Cap Go Meh ini bertujuan untuk mengusir roh-roh jahat sekaligus untuk memberikan rahmat dan rezeki bagi rakyat Indonesia. Menurutnya, perayaan Imlek dan Cap Go Meh yang kian tumbuh berkembang ini merupakan kekayaan budaya lokal yang harus terus dilestarikan dan diwariskan secara turun temurun.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, masyarakat perlu berbangga karena perayaan Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang bisa dikatakan sebagai event yang terbesar di Indonesia. “Event Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang juga  sudah menjadi agenda tetap Kementerian Pariwisata RI,” katanya.

Sementara beberapa prestasi yang pernah diraih melalui event ini dan pernah tercatat sebagai Rekor MURI, seperti lampion terbanyak (10.895 lampion) pada tahun 2009, Rekor MURI pawai dengan tatung terbanyak (777 tatung) pada tahun 2010. 

Kemudian, Rekor MURI lampion terbesar pada Tahun 2011, Rekor MURI kue keranjang terbesar pada Tahun 2011, Rekor MURI Replika Tembok China terbesar tahun 2012, Rekor MURI naga terpanjang di Indonesia sepanjang 178 meter Tahun 2017. 

“Beberapa prestasi yang pernah dicapai ini tentunya merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Kota Singkawang karena ini kita bersama-sama yang mewujudkannya,” ujarnya.


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id