BERITA DAN KEGIATAN

FGD : Tantangan dan Pendekatan Komunikasi Publik di Era Digital

Selasa, 11 Desember 2018 09:58 WIB
163 View

Staf Khusus/Juru Bicara Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Khususnya Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kalbar menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) di Aston Pontianak Hotel and Convention Centre, Senin
(14/05). 

Pj. Gubernur Kalbar, Drs. Dodi Riyadmadji, MM, berpesan agar aparat pemerintah harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman karena seiring dengan  semakin besarnya tuntutan keterbukaan informasi publik dan semakin cepatnya arus informasi lewat kemajuan teknologi informasi. 

“Aparat pemerintah harus berubah menjadi berorientasi pada pelayanan publik, komunikasi interaktif dan menggunakan media berbasis internet”. Ujarnya Menkominfo dalam materinya juga menambahkan agar  Kepala Dinas harus memiliki akun media sosial, agar lebih mudah berinteraksi dengan masyarakat.

“Kita tidak bisa lagi tidak memiliki akun media sosial, karena sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan pengguna media sosial” ungkapnya. Hal ini didukung dengan jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai hingga 130juta (wearesocial.com, Januari 2018). 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam materinya juga menyampaikan bahwa ada resiko sangat tinggi kalau kita tidak menjaga komunikasi publik pemerintah daerah kepada masyarakat, oleh karena itu, pemeirntah perlu untuk memanfaatkan media sosial yang berfungsi sebagai sumber informasi, sarana komunikasi serta edukasi kepada masyarakat. 

FGD yang bertema “Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital” ini dihadiri oleh Juru Bicara Presiden, Johan Budi Sapto Prabowo, Menteri Kominfo, Rudiantara S.Stat. MBA, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, R Niken Widiastuti, Nukman Luthfie, Kepala OPD Lingkungan Pemprov. Kalbar serta Dinas Kominfo dari 14 Kabupaten Kota di Prov. Kalbar.


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id