BERITA DAN KEGIATAN

Menkominfo RI Tinjau Palapa Ring Barat di Pasir Panjang, Wali Kota Singkawang mendukung proyek ini

Senin, 14 Mei 2018 17:28 WIB
52 View

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di dampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie meninjau Proyek Palapa Ring di kawasan Taman Pasir Panjang Indah, Singkawang, Senin (14/5/2018).

“Kalau memang kapasitas naik, maka terminalnya diganti dan untuk kawawasan perbatasan diperkirakan persiapan 2019, nanti tender 2020, dari ujung barat ke timur yang dibangun,” katanya.

Pembangunan proyek ini, kata Rudiantara, memang ada kendala di antaranya dengan jarak 12 ribu kilometer laut perlu kapal. Tentu ada aturan kabotase, harus izin pinjam kapal asing, dan itu prosedurnya panjang. 

“Padahal kita negara negara kepulauan 70 persennya laut,  kesiapan industri, kita belum ada ke arah sana, dan kapal laut yang dibutuhkan harus dengan spesifikasi berbeda,”ujarnya. 

Kapal tersebut, harus punya tong besar yang bisa menggulung kabel dan juga tersedia alat untuk mengeruk dan menutup kembali. Provider atau operator seluler, bukan hanya meminta bandwite saja melainkan juga core atau kapasitas yang lebih besar.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mendukung proyek ini dan meminta dinas terkait untuk mempermudah perizinannya. 

President Director Palapa Ring Barat, Syarif Lumintarjo mengatakan secara nasional untuk program ini terdiri Palapa Ring Barat, Ring Tengah dan Ring Timur, dan di kota Singkawang masuk program Palapa Ring Barat yang sudah mulai dioperasikan 20 Maret 2018.

“Kami membangun jaringan tulang punggung, sedangkan teman-teman operator membangun titik koneksi ini, kami membuka diri bagi pihak-pihak yang memiliki izin bekerjasama dalam penyelenggaraan jaringan,” jelasnya.


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id