BERITA DAN KEGIATAN

Rudiantara Resmikan Media Center Kota Singkawang

Senin, 14 Mei 2018 16:31 WIB
77 View

Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara meresmikan Media Center (MC) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang di Jalan Ahmad Yani Singkawang, Senin (14/5/2018). 

Peresmian ini dihadiri Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi, Dirjend Informasi Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo RI, Rosarita Niken Widiastuti, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Wakil Walikota Singkawang, Irwan. 

Media center ini artinya pusat pemberitaan dan komunikasi, walau di kota namanya pusat komunikasi Pemkot Informasi jangan hanya satu arah, tapi juga melibatkan masyarakat dan dapat berinteraktif, di antaranya juga bisa  melalui media sosial. Apalagi saat ini hoaks bertebaran. Kementrian dan lembaga Pemda bisa masuk ke sana dengan langsung membuat konten anti hoaks.

“Karena ketika terjadi hoaks di Singkawang maka yang bacanya cukup banyak bahkan bisa sampai keluar negeri,” ujarnya.

Rudiantara mengajak Pemkot Singkawang untuk bergabung dalam konten antihoax.go.id. Banyak sekali hoaks dan ciri-cirinya mengatasnamakan kelompok tertentu di antaranya mengajak  memviralkan, kalau saya dari pada buang pulsa bagus didelete. 

Tingkat kemampuan memilah dan memilih informasi masyarakat di Indonesia, kata Rudiantara, masih belum setinggi di negara maju seperti Eropa dan Amerika. Terkait dengan teror bom saat ini, Rudiantara juga mengajak agar tidak mengupload foto-foto korban dari ledakan teror bom. 

Jangan sebar kemana-mana, apalagi literasi masyarakat belum tinggi, sehingga bisa menimbulkan ketakutan. “Sebaiknya yang dilakukan warganet, dengan melakukan suspend meminta memblokir dengan memberikan centang pada konten-konten yang tidak layak,” ucapnya


Oleh: (Dra. Asih Setyawati)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id