BERITA DAN KEGIATAN

Gubernur Kalbar Ingatkan Bawaslu Menegakkan Aturan Selama Proses Pemilu 2019

Kamis, 14 Maret 2019 15:13 WIB
0 Komentar 42 View
Uncategorized

PONTIANAK, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji menghadiri Apel Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, di auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak, Kamis (14/3).

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar H. Sutarmidji mengingatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menegakkan aturan selama proses Pemilu, sebab Bawaslu memegang peran penting dalam keberlangsungan Pemilu.

"Bawaslu harus betul-betul menegakan aturan, jangan sekali kali biarkan satu pelanggaran itu diabaikan," ungkap Gubernur Kalbar H. Sutarmidji Berdasarkan dari pengalamannya menjadi kader partai, yang paling berat dalam mengawasi pemilu itu pada tingkatan DPRD Tingkat II. Bukan ditingkat Pilpres, DPR dan DPD.

"Yang paling berat ngawasinya nanti bukan Pilpres bukan DPD atau DPR, yang ribut biasanya di DPRD tingkat II. Petarungannya disitu berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah," tuturnya. Bawaslu sudah saatnya mulai mengevaluasi terkait ke pengawasan Pemilu. Lebih mengefisiensi tugas dari pada petugas pengawas Pemilu.

"Saya yakin petugas Bawaslu menjadi penegak aturan penyelenggara Pemilu yang berkualitas," kata Gubernur Kalbar H. Sutarmidji.

Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah mengatakan dalam sambutannya semua orang harus mewujudkan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas terlebih penyelenggara Pemilu.

"Kita harus berkomitmen menciptakan Pemilu yang berintegrasi dan berkualitas. Kami pengawas Pemilu siap tanpa ragu untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu," ujar Ruhermansyah.

Ia menekankan kepada pengawas Pemilu di Kalbar agar mengemban amanah dalam bertugas. Apabila ada pelanggaran Pemilu jangan takut untuk bertindak sesuai aturan yang berlaku. "Pahami tugas dengan baik. Khususnya saat perhitungan dan pengumuman saat Pemilu. Tolong netral, ada dugaan pelanggaran segera tindak jangan ragu-ragu," tegasnya.

Apel Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum Tahun 2019 ini dihadiri 552 Pengawas Pemilu tingkat kecamatan yang ada di Kalbar.

 


Oleh: (Rinto, S.Sos.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id