BERITA DAN KEGIATAN

RSJD Adakan Kajian AlQuran, Asah Pikir untuk Taqwa

Kamis, 7 April 2016 06:29 WIB
Komentar 257 View

Pontianak- Waktunya tidak terlalu lama, namun cukup untuk mengkhusyukan peserta yang hadir. Kajian keislaman kali ini, Rabu, 6 April, bertempat di Aula  RSJD Sungai Bangkong mengangkat tema Refleksi Al Quran, Berfikir untuk Bertaqwa, disampaikan oleh Urai Salam, MCALL, Ph.D.

“Beruntunglah kita karena  dipertemukan dengan AlQuran, mengimaninya, membaca dan mengamalkannya” Urai Salam membuka tausiyahnya. Menurutnya, banyak orang yang membaca kitab suci umat Islam ini, namun belum memahami apa yang terkandung didalamnya. “Padahal kenikmatan lebih dahsyat kalau kita mengkajinya, karena Allah memberikan banyak penjelasan dari apa yang tersurat” papar PNS yang menyelesaikan pendidikan S3nya di Melbourne Australia ini. “Sehingga ketika kita menikmati dalam mengamalkannya” lanjutnya.

Salam mengurai detil ayat-ayat AlQuran surah Al Adiyat, satu-persatu. Dikaitkan dengan isu kekinian dan pelajaran hidup tentang peringatan terhadap harta duniawi. Penjelasannya lugas dan mendalam. Tampak peserta hanyut dalam kekhusyuan, meski sekali-sekali diselingi guyon, sehingga tetap terkesan santai. “Untaian ayat-ayat ini luar biasa, diawali dengan kalimat pembuka untuk menarik perhatian, yakni kuda perang namun inti pesannya tetap tertuju kepada manusia, agar berhati-hati terhadap kenikmatan duniawi” pungkas Dosen FKIP Untan ini.

Dr. Feery Safariadi, Direktur RSJD Sungai Bangkong, sebelumnya menyampaikan,  kegiatan rutin Pembinaan Rohani ini bermanfaat dilaksanakan minimal  setiap bulan sekali. “Ini untuk merefres agar keimanan tetap bertahan, yang nantinya akan menjadi dasar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat” jelasnya.

Peserta yang hadir, mengapresiasi kajian. “Penjelasan ayat Alquran namun dengan pesan ilmiah, sangat menyentuh” ujar Yuni, Psikolog RSJD Sungai Bangkong yang mengikuti kegiatan. Hal senada juga disampaikan  Ridwan, menurutnya  membuka wawasan tentang pemahaman ayat-ayat Allah, terutama di surah-surah pendek.

Dwi Suseno, ketua PHBI, yang menggagas acara, bersyukur kegiatan berjalan lancar. “Mudah-mudahan lain waktu kita adakan lagi mungkin dengan tema berbeda” pungkasnya. (UH/RSJD SB)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id