BERITA DAN KEGIATAN

Wujudkan Masyarakat Kalbar Tertib, Satpol PP Siapkan Draft Raperda Ketentraman dan Ketertiban Umum

Jum'at, 24 Mei 2019 12:38 WIB
Komentar 297 View

Pontianak - Dalam rangka mewujudkan masyarakat Kalbar yang tertib sebagaimana misi ke-5 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023, Satpol PP Provinsi Kalbar mulai menyiapkan draft Raperda Ketentraman dan Ketertiban Umum. Awal penyiapan draft Raperda ini, Satpol PP Provinsi Kalbar melakukan pembahasan bersama dengan Biro Hukum, Biro Organisasi, Biro Pemerintahan serta pihak terkait lainnya, bertempat di ruang PPNS Satpol PP Kalbar, Kamis (24/5/2019).

Sy. Ardiman S.Sos, M.AP. selaku Plt. Kasat Pol PP Provinsi Kalbar yang bertindak memimpin rapat menyampaikan bahwa selama ini penyelenggaraan Trantibum dan Trantibmas di Provinsi Kalbar lebih banyak dilakukan oleh kabupaten/kota, yang mana telah memiliki Perda tersebut. Sementara untuk tingkat Provinsi Kalbar belum dapat terlaksana karena sampai hari ini kita belum memiliki payung hukum.

"Maka dari itu, sengaja hari ini kami mengundang beberapa OPD terkait untuk membahas persiapan untuk menyusun draft Raperda Ketentraman dan Ketertiban Umum ini," kata Ardiman.

"Mengapa ini penting karena kami mendapat banyak masukan dari kabupaten/kota yang juga tidak dapat mengambil tindakan apabila terjadi gangguan Trantibum dan Trantibmas yang terjadi lintas kabupaten/kota. Atau ada  hal-hal yang menjadi kewenangan provinsi tetapi lokasinya berada di kabupaten/kota. Di satu sisi itu wewenang provinsi sehingga Satpol PP Kabupaten/Kota tidak berwenang, sementara di sisi lain lokasi yang berada di kabupaten/kota itu kalau dilakukan pembiaran maka akan berdampak negatif untuk ke depannya," ujarnya.

Selain itu, Plt. Kasat Pol PP mengungkapkan bahwa misi ke-5 Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Periode 2018-2023 adalah mejudkan masyarakat yang tertib, yaitu menciptakan kehidupan masyarakat yang harmoni antar kelompok, etnis, agama dan wilayah. Sehingga dengan dirancangnya Raperda lalu nanti akan menjadi Perda diharapkan tugas-tugas Satpol PP Provinsi Kalbar sebagai OPD yang menyelenggarakan penegakan Perda dan Perkada, ketertiban umum dan ketentraman, serta perlindungan masyarakat menjadi lebih baik, efektif dan efisien.

 


Oleh: (Nur Juliansyah, S.IP)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id