BERITA DAN KEGIATAN

Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Publik pada Dinas Perkebunan

Rabu, 19 Juni 2019 16:01 WIB
81 View

Guna mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang berkualitas serta dapat memperoleh predikat kepatuhan tinggi (zona hijau) terkait kepatuhan standar pelayanan publik di lingkungan Pemprov Kalbar, Biro Organisasi Setda Prov. Kalbar melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemprov Kalbar dengan melaksanakan monitoring, evaluasi, pembinaan, pengawasan dan asistensi secara berkesinambungan setiap bulannya.

Pada hari Selasa, 18 Juni 2019, tim Biro Organisasi melakukan kunjungan ke kantor Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar untuk melihat secara langsung komponen indikator standar pelayanan publik yang telah tersedia dan dipajang serta memberikan masukan untuk perbaikan dan kelengkapan dari standar pelayanan publik pada Dinas Perkebunan.

Secara umum, Dinas Perkebunan telah menerapkan seluruh komponen indikator standar pelayanan publik yang harus disediakan, sehingga menurut penilaian internal tim Biro Organisasi terkait kepatuhan standar pelayanan publik, Dinas Perkebunan berada pada zona hijau, dan diharapkan untuk penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Kalbar juga akan memperoleh penilaian yang sama (zona hijau).

Adapun variabel penilaian maupun komponen indikator standar pelayanan publik yang harus disediakan oleh setiap Perangkat Daerah, Biro, dan UPT di lingkungan Pemprov Kalbar adalah : 

No.

Variabel Penilaian

 

Komponen Indikator

1

Standar Pelayanan

1

Persyaratan

2

Sistem, Mekanisme dan Prosedur (dasar hukum dan alur pelayanan)

3

Produk (produk layanan dan hasil dari produk layanan)

4

Jangka waktu penyelesaian / waktu pelayanan

5

Biaya/tarif

2

Maklumat Layanan

6

Ketersediaan Maklumat Pelayanan

3

Sistem Informasi Pelayanan Publik

7

Ketersedian Informasi Pelayanan Publik baik elektronik maupun non elektronik (contoh: booklet, leaflet, pamflet, brosur, media sosial, website, aplikasi, monitor televisi, dll)

4

Sarana dan Prasarana atau Fasilitas

8

Ketersediaan ruang tunggu

9

Ketersediaan toilet

10

Ketersediaan loket/desk/meja pelayanan

5

Pelayanan Khusus

11

Ketersediaan sarana/prasarana khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus (ram, tambatan, kursi roda, jalur pemandu, toliet khusus, ruang menyusui, ruang bermain anak, dll)

12

Ketersediaan pelayanan khusus bagi pengguna layanan berkebutuhan khusus

6

Pengelolaan Pengaduan, Saran dan Masukan

13

Ketersediaan sarana pengaduan (kotak saran / SMS / Telepon / Fax / Email, portal Website,dll)

14

Ketersedian informasi prosedur, tatacara penyampaian pengaduan, jangka waktu penyelesaian pengaduan, foto petugas pengaduan

15

Ketersediaan pejabat/petugas pengelola pengaduan

7

Penilaian Kinerja / Evaluasi

16

Ketersediaan sarana pengukuran kepuasan pelanggan / masyarakat

8

Visi, Misi dan Motto Pelayanan

17

Ketersediaan Motto Pelayanan

18

Ketersediaan Visi dan Misi Pelayanan

9

Atribut Petugas Pelayanan

19

Ketersediaan petugas pelayananan menggunakan ID card / tanda pengenal

 

Oleh: (Ogi Aulia Ryanto)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id