BERITA DAN KEGIATAN

Hadiri Penutupan STQ Nasional XXV, Karo Organisasi turut kenakan Telok Belanga

Sabtu, 6 Juli 2019 11:11 WIB
33 View

Upacara penutupan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional ke-25 Tahun 2019 yang diselenggarakan di Taman Alun-Alun Kapuas, pada Jum’at malam, 5 Juli 2019, mampu menyedot animo masyarakat Kalbar, khususnya Kota Pontianak. Masyarakat dari berbagai kalangan memadati area sekitar Alun-Alun Kapuas untuk menyaksikan acara penutupan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sejak tanggal 27 Juni 2019 yang lalu tersebut. Setelah kurang lebih 9 hari sejak dibuka langsung secara resmi oleh Menteri Agama RI dan Gubernur Kalbar, hajatan yang digelar setiap 2 tahun tersebut mampu menarik animo masyarakat untuk mengetahui lebih lanjut dan menyaksikan perlombaan-perlombaan yang dipertandingkan dalam STQ, mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Qori dan Qoriah terbaik Nusantara, serta meningkatkan gairah khalayak untuk mempelajari Al-Qur’an.  

Dalam upacara penutupan yang digelar mulai pukul 19.30 WIB tersebut, Kepala Biro (Karo) Organisasi, Marjani, yang juga bertugas menjadi koordinator penjemputan dan pengantaran selama pelaksanaan STQ Nasional XXV, turut hadir bersama para undangan dan pejabat terkait lainnya. Karo Organisasi mengenakan pakaian adat khas melayu, telok belanga, lengkap dengan kain tenun Sambas. Mantan Kepala Bagian Kelembagaan tersebut tampak berbaur dengan para kepala biro di lingkungan Setda Prov. Kalbar maupun dengan para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalbar. Para pejabat pimpinan tinggi pratama tersebut kompak mengenakan busana khas melayu telok belanga untuk laki-laki, dan baju kurung untuk yang perempuan. Upacara penutupan STQ Nasional XXV Kalbar 2019 berlangsung khidmat dengan diisi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Qori dan Qoriah terbaik, selanjutnya acara berlangsung meriah dan ditutup secara resmi oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dan Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, dengan pemukulan rebana dan dentuman meriam karbit.

Keluar sebagai juara umum dalam perhelatan STQ yang baru pertama kali dilaksanakan di Bumi Khatulistiwa ini adalah kafilah DKI Jakarta. Untuk juara kedua diraih oleh kafilah Banten, dan untuk juara ketiga diraih kafilah Sumatera Utara. Adapun kafilah Kalimantan Barat  berhasil masuk 5 besar dengan menempati urutan kelima, dibawah kafilah Sulawesi Utara. Melengkapi urutan ke-enam hingga ke-sepeluh secara berurutan adalah kafilah dari Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Nangroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, dan Sumatera Barat. Kafilah Kalbar sendiri berhasil meraih juara pertama (terbaik 1) untuk cabang perlombaan Hifzh Al-Qur’an Tahfidz 30 Juz Putri a.n. Rohidah asal Mempawah. Selain itu, pada cabang tilawah Quran anak-anak, Qariah Kalbar meraih terbaik kedua atas nama Malika Khaira Khalqillah dari Kota Pontianak. Pada cabang tilawah dewasa Qari Kalbar meraih peringkat harapan terbaik pertama diraih H. Anas Al Hifni dari Mempawah. Selanjutnya untuk Tahfiz 10 juz, hafiz terbaik ketiga diraih Fathurrahman dari Mempawah, dan hifzhil 20 juz harapan kedua diraih hafizah Khullatun Nabella dari Kubu Raya. Untuk hafalan hadits 100 dengan sanad, terbaik ketiga diraih muhadis terbaik ketiga atas nama Fuady Farid Albari dari Mempawah, dan untuk hafalan hadits 500 tanpa sanad, harapan ketiga diraih oleh Ainun Jariah. Kafilah Kalbar berhasil mengumpulakn total 7 gelar/juara, yaitu terbaik 1 : 1 orang, terbaik 2 : 1 orang, terbaik 3 : 2 orang, harapan 1 : 1 orang, harapan 2 : 1 orang, dan harapan 3 : 1 orang.

 

instagram : @organisasi_kalbar

facebook : Biro Organisasi Prov. Kalbar


Oleh: (Ogi Aulia Ryanto, S.Sos)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id