BERITA DAN KEGIATAN

BEGINI PROSES PENGAMANAN RUMAH DAN BANGUNAN MILIK PEMPROV KALBAR DI SINGKAWANG

Jum'at, 12 Juli 2019 03:06 WIB
60 View
Uncategorized

SINGKAWANG - Tim Pengamanan Aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kalbar, Biro Aset dan Biro Hukum berhasil mengamankan aset barang milik Pemprov Kalbar berupa rumah dan bangunan di Jalan Alianyang, Kota Singkawang, (11/07). Dalam kesempatan tersebut, Kasat Pol PP Provinsi Kalbar, Golda M. Purba selaku koordinator kegiatan menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan pengamanan ini.

"Tim Pengamanan Aset Pemprov yang turun dalam kegiatan terdiri dari Satpol PP Provinsi Kalbar, Biro Aset dan Biro Hukum. Namun, Kami juga didukung dari Satpol PP Kota Singkawang dan Polres Singkawang," ungkap Kasat Pol PP Provinsi Kalbar.

Menurut Kasat Pol PP Provinsi Kalbar tersebut bahwa aset yang diamankan sudah secara sah dan inkrah menurut putusan pengadilan milik Pemerintah Provinsi Kalbar. Akan tetapi, aset ini telah dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berhak sehingga perlu dengan segera diamankan.

Dijelaskannya bahwa sebelumnya rumah dan bangunan milik Pemprov Kalbar ini telah disewakan kepada sejumlah orang untuk dijadikan rumah makan. "Dulu itu namanya rumah makan Padi Bundo, lalu berganti menjadi rumah makan Surya. Nah setelah Kami pantau ternyata ada pihak lain lagi yang ingin menggunakan rumah ini untuk dimanfaatkan menjadi rumah makan lagi," katanya.

"Terbukti sudah ada upaya untuk membangun lagi dari kayu dan atap daun di depan rumah. Makanya, Kita langsung bertindak cepat untuk mengamankan aset ini," ujar Kasat Pol PP Provinsi Kalbar.

"Sebelum melaksanakan kegiatan pengamanan ini, Kami dari Satpol PP Provinsi Kalbar bersama Satpol PP Kota Singkawang melakukan apel pengarahan pimpinan (APP) terlebih dahulu sekitar 08.30 WIB di halaman Kantor Satpol PP Kota Singkawang. Tujuan dari APP ini adalah untuk menjelaskan mekanisme dan prosedur dalam melakukan pengamanan nantinya," jelas Bapak tiga orang anak ini.

Kasat Pol PP Provinsi Kalbar pun menerangkan bahwa Tim juga berkoordinasi terlebih dahulu dengan Polres Singkawang. "Adapun Kapolres Singkawang sangat mendukung kegiatan ini sehingga kami pun mendapat bantuan back up pengamanan dari Polres Singkawang," terangnya.

"Tepat pukul 13.30 WIB, Tim bergerak menuju lokasi pengamanan rumah dan tanah milik Pemprov Kalbar. Personil yang turun terdiri dari Satpol PP Provinsi Kalbar sebanyak 10 orang, Biro Aset sebanyak 6 orang, Biro Hukum sebanyak 4 orang, Satpol PP Kota Singkawang sebanyak 25 orang dan Anggota Sahbara Polres Singkawang sebanyak 10 orang," ungkap Kasat Pol PP Provinsi Kalbar menjelaskan proses pelaksanaan kegiatan.

Diungkapkan pula bahwa saat pelaksanaan pengamanan turut disaksikan oleh Ketua RT setempat, tukang bangunan serta warga yang tinggal di sekitar lokasi kegiatan.

Adapun kegiatan pengamanan yang dilakukan adalah mengosongkan rumah dan tanah yang terletak di Jalan Alianyang, Kota Singkawang tersebut dari pihak-pihak yang tidak berhak. Tim pun telah memasang plang sebagai tanda rumah dan bangunan tersebut adalah milik Pemprov Kalbar.

Terakhir yaitu Tim melakukan pengamanan dengan cara memagar rumah menggunakan seng agara pihak-pihak yang tidak berhak atas bangunan tersebut tidak dapat melakukan aktivitasnya lagi.

Terpantau tepat pukul 15.00 WIB, Tim telah berhasil mengamankan aset berupa rumah dan bangunan milik Pemprov Kalbar. Selama proses kegiatan pengamanan situasi dan keadaan aman terkendali.

 

 


Oleh: (Nur Juliansyah, S.IP)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id