BERITA DAN KEGIATAN

PENINGKATAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERBATASAN MELALUI KERJASAMA REGIONAL SOSEK MALINDO

Rabu, 31 Juli 2019 11:07 WIB
172 View

YOGYAKARTA – Memajukan wilayah perbatasan merupakan upaya yang harus dilakukan pada segala bidang dengan melibatkan semua tingkatan Pemerintahan serta melalui sebuah Kerjasama Regional yang melibatkan 2 (dua) Negara yang berbatasan. Hal ini mendasari terbentuknya Forum Kerjasama SOSEK MALINDO yang pada tanggal 29 Juli – 2 Agustus 2019 melaksanakan Pertemuan/ Mesyuarat Tim Teknis/ Teknik dan Sidang ke-35 KK/JKK SOSEK MALINDO Tingkat Provinsi Kalimantan Barat – Peringkat Negeri Sarawak. 

Terdapat 3 (tiga) Desk/ Bidang Kerjasama yang dibahas pada pertemuan ini antara lain Bidang Kerjasama Sosial dan Budaya, Bidang Kerjasama Ekonomi, Perdagangan, dan Berhubungan, dan Bidang Kerjasama Keamanan dan Perbatasan.
Pertemuan ini dihadiri Ketua KK SOSEK MALINDO Provinsi Kalimantan Barat, Dra. Sri Jumiadatin, M.Si dan Pengerusi JKK SOSEK MALINDO Negeri Sarawak, Datu Haji Mohamad Abubakar bin Marzuki. Disampaikan oleh Ketua KK SOSEK MALINDO Provinsi Kalimantan Barat, untuk mendorong pembangunan pada Kawasan Perbatasan, Pemerintah Indonesia telah melakukan Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan PLBN Badau serta akan melakukan pembangunan PLBN Jagoi Babang dan PLBN Sungai Kelik. 

Sehubungan dengan itu, diharapkan kepada JKK SOSEK MALINDO Peringkat Negeri Sarawak untuk dapat mempercepat proses CIQS pada wilayahnya. Adapun, untuk mendukung implementasi hasil kesepakatan Forum Kerjasama SOSEK MALINDO, perlu mendapat dukungan Pemerintah Pusat sesuai porsi dan kewenangannya. 
Adapun turut hadir pada pertemuan ini perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, KJRI Kuching, KODAM XII TANJUNGPURA, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, serta Pemerintah Kabupaten Perbatasan di Provinsi Kalimantan Barat.

Oleh: (Biro Pemerintahan Setda Prov Kalbar)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id