BERITA DAN KEGIATAN

Sosialisasi Pencegahan Dan Antisipasi Dampak Asap Akibat Karhutla Di Kec. Sui.Pinyuh

Selasa, 15 Maret 2016 15:55 WIB
Komentar 420 View

Sungai Pinyuh-Badan Lingkungan Hidup Daerah  Provinsi Kalimantan Barat  menyelenggarakan Sosialisasi Pencegahan Dan Antisipasi Dampak Asap Akibat Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Kecamatan  Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah  selama 1 (satu) hari pada Hari Rabu Tanggal 16 Maret 2016  bertempat di Aula Kantor Camat Sungai Pinyuh Kabupaten Mempawah, acara dibuka oleh Bapak Ir,Syahrizal selaku Kepala Badan LHPBD Kab. Mempawah.

Sosialisasi Pencegahan Dan Antisipasi Dampak Asap Akibat Kebakaran Hutan Dan Lahan dihadiri oleh BLHD Provinsi, Camat Sungai Pinyuh, Pegawai Kantor Camat Sungai Pinyuh, Kepala Badan LHPBD Kab. Mempawah serta masyarakat dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Adapun Narasumber terdiri dari Ir. Syahrizal (Kepala Badan LHPBD Kab. Mempawah), Bapak Sahat ( Manggal Agni) dan Ir. Nurmatias Siregar, M.Si dari Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Kalimantan Barat dengan materi sosialisasi pencegahan dan antisipasi dampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dalam sambutannya Bapak Ir,Syahrizal selaku Kepala Badan LHPBD Kab. Mempawah menyampaikan Sosialisasi Kebakaran Hutan dan Lahan  di Kabupaten Mempawah dinilai Pemerintah Kabupaten sangat baik karena peran serta dari instansi terkait dan masyarakat dalam melaksanakan tugas pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Diharapkan dari kegiatan sosialisasi karhutla yang dilaksanakan di Kabupaten Mempawah, masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungan terutama tidak membuka lahan dengan cara membakar. Daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Kec. Sungai Pinyuh, Kec. Segedong, Kec. Mempawah Timur. Masyarakat di Kab. Mempawah khususnya masyarakat di Kec. Sungai pinyuh sudah turun menurun dari nenek moyang bahwa dalam membuka lahan tidak membakar. Dalam UU dan peraturan sudah jelas bahwa adanya aturan dalam membuka lahan dengan membakar, dijelaskan bahwa juga adanya sanksi yang berat dalam peraturan bagi pelaku/oknum yang membuka lahan dengan membakar. Untuk kualitas udara ambien di Kab. Mempawah pernah terdeteksi kategori berbahaya yang disebabkan oleh karhutla untuk tahun lalu, Adapun langkah-langkah yang telah ditempuh di Kab. Mempawah : (1).Menyerahkan mesin pemadam api portable kepada semua di kecamatan kab. Mempawah, (2). Melakukan kegiatan koordinasi pengendalian karhutla di 2 kecamatan yang rawan karhutla, (3). Melakukan himbauan melalui radio dalam menghadapi musim kemarau, (4). Membuat kep tentang penetapan status siaga darurat bencana asap akibat karhutla, (5). Membuat banner himbauan tentang dampak dari karhutla, (6). Memberikan bantuan sarana pengelolaan sampah Reuse,Reduce,Recycle (3R). (yanti-blhd)

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id