BERITA DAN KEGIATAN

Makna Hari Kartini

Kamis, 21 April 2016 09:56 WIB
Komentar 640 View

Setiap bulan April, bangsa Indonesia selalu memperingati salah satu hari nasional, yaitu peringatan Hari Kartini yang tepatnya jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya. R.A Kartini, pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita dan kesetaraan gender. Dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini berjuang agar wanita mendapatkan persamaan hak dalam berbagai ranah kehidupan, khususnya pendidikan dan harus tetap menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya. Raden Adjeng Kartini sang Pahlawan Nasional Indonesia sebagai pelopor perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita di Indonesia. Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari lahir Kartini dan sekaligus juga menetapkan Raden Adjeng Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang di peringati setiap tahun.

Peringatan  hari besar nasional dan daerah merupakan salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa dalam rangka membangun karakter bangsa yang positif, konstruktif dan nasionalis serta berdampak positif bagi pembangunan nasional dan daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat juga menghimbau kepada PNS Perempuan untuk mengenakan Pakaian Kebaya pada Tanggal 21 April 2016, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan menjalankan tugas sehari-hari sebagai PNS. Peringatan yang kita lakukan setiap tanggal 21 April, baik itu di Sekolah maupun di Perkantoran selalu diwarnai dengan maraknya peragaan busana yang bernuansa adat, karnaval dengan menggunakan busana adat daerah, lomba pembacaan puisi dan seminar tentang kewanitaan. Peringatan Hari Kartini tersebut yang sudah turun-temurun dari dulu hingga sekarang.

Selamat Hari kartini, dan selalu tetap bersemangat untuk meningkatkan emansipasi dari kaum wanita namun dengan tidak mengesampingkan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan di dalam ajaran agama. Semoga makna Kartini ditahun ini dan juga tahun-tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan-kegiatan tapi muncul Kartini-Kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini. Sebuah bangsa akan maju tergantung pada kualitas perempuan. (yanti-blhd)

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id