BERITA DAN KEGIATAN

Pesan Gubernur Kalbar Dalam Rangka Malam Resepsi Kenegaraan Perayaan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI 2019

Minggu, 18 Agustus 2019 00:23 WIB
74 View

Pontianak - Usai Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Acara dilanjutkan dengan Malam Resepsi Kenegaraan Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia bertempat di Aula Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, ( 17/8/2019).

Dalam sambutanya Gubernur Kalbar berpesan agar Kalbar bisa menjadi Provinsi 10 terbesar di Indonesia ada beberapah Hal yang harus dilaksanakan yaitu Pertama Peningkatan Sumber daya manusia di kalimantan barat, kedua meningkatkan Pelayanan Publik Berbasis Teknoligi, ketiga Menjaga Ekosistem untuk Lingkungan yang lebih baik.

" Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-47 Kemerdekaan RI tahun 2019: SDM Unggul Indonesia Maju, Kita mengaminkan bahwa tidak ada suatu Negara yang maju tanpa SDM yang Unggul. Dengan SDM yang unggul, maka akan lahir atau tercipta Inovasi, Tanpa Inovasi tidak akan ada kemajuan." Ucap H. Sutarmidji

" Secara Rasional akan dilaksanakan perombakan kurikulum pendidikan dengan lebih menekankan STEAM (Science, Technology, Engineering, The Art and Mathematics)  menyelaraskan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan Industri dan pemerintah asing untuk meninggkatkan sekolah kejuruan, sekaligus memperbaiki program mobilitas tenaga kerja global untuk memanfaatkan ketersediaan SDM dalam mempercepat trasfer kemampuan." Tambahnya

Untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi Gubernur Kalbar menekankan, pemanfaatan pelayanan publik berbasis teknologi secara Intens dan Inovatif akan membantu pelayanan yang lebih efisien, efektif dan responsif. Upaya ini dimaksudkan disamping meningkatkan pelayanan itu sendiri, yang terpenting adalah wujud Reformasi birokrasi pemerintah sebagai bagian dari Revolusi 4.0. Untuk ini kita tidak saja membutuhkan SDM Aparatur yang Melek teknologi tetapi juga SDM yang memiliki integritas, SDM yang mampu menebarkan kebaikan, SDM yang mampu merajut persatuan, SDM yang mampu dan berbicara berdasarkan data yang akurat.

"Saya percaya bahwa anda semua memiliki kemampuan itu, dan saya juga yakin bahwa pelayanan publik akan semakin baik kedepannya"tegas beliau.

Sambung Gubernur Kalbar, dalam menjaga ekosistem untuk lingkungan yang lebih baik. Dalam sepekan ini, kota Pontianak dan sekitarnya mengalami bencana asap. Hal ini sangat merugikan kita semua, tidak hanya dalam aspek kesehatan, tetapi juga integritas kita sebagai bangsa yang tidak mampu menjaga lingkungan. Oleh karena itu, sebagaimana telah disampaikan dalam berbagai kesempatan dan kepada media ketegasan Gubernur Kalbar dalam mengatasi persoalan ini.

Lingkungan yang terjaga sangat penting bagi Kalimantan Barat saat ini. Kerusakan alam yang terjadi sangat tidak terkendali karena keserakahan manusia. Maraknya kegiatan pertambangan tanpa izin, 264 lokasi tersebar di Kabupaten Landak, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, Ketapang, Sambas, bengkayang, Sanggau, Sekadau, Kayong Utara dan Kota Singkawang, dengan total areal penambangan seluas 25.466,75 Ha. Dapat dipastikan areal penambangan ini tidak akan bisa digunakan lagi sebagai lahan yang produktif. Terlebih lagi dampak dari penggunaan bahan kimia untuk mengolah hasil tambang sangat buruk bagi lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya.

"Untuk itu kepada aparat dan perangkat daerah yang menangani agar bersifat tegas untuk menghentikan pertambangan liar, saya tegaskan betapa pentingnya kita menjaga dan melestarikan lingkungan." tegasnya.

Sebagai provinsi yang berada di pulau Kalimantan, sesuai dengan apa yang ditegaskan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo bahwa Ibu Kota negara Republik Indonesia akan dipindahkan ke Pulau Kalimantan, semua elemen masyarakat hendaknya mempersiapkan diri. Akan terjadi perubahan yang besar dalam struktur kehidupan masyarkat, tentunya perubahan tersebut ke arah yang lebih baik lagi.

 


Oleh: (Suriyansyah)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id