BERITA DAN KEGIATAN

Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20

Senin, 25 April 2016 15:56 WIB
0 Komentar 496 View

Pontianak-Dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah yang ke-20, Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengikuti Upacara. Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, SE, MM  bertindak sebagai Pembina Upacara pada Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah yang ke-20 bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada hari senin 25 April 2016.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur menyampaikan bahwa penetapan peringatan hari Otonomi Daerah secara nasional setiap tanggal 25 April didasarkan pada keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah. Tujuannya adalah untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan otonomi daerah di setiap tingkatan pemerintahan, mulai dari pusat sampai dengan daerah.

Tema peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-20 tahun 2016 adalah “Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” Makna dari tema tersebut adalah (1) Otonomi daerah yang telah menjadi komitmen dan konsensus para pendiri bangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah, dan pengembangan demokrasi lokal, (2) Seiring telah diberlakukan kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2016 , seluruh pemerintah daerah harus menata seluruh elemen otonomi daerah, agar Indonesia tidak menjadi penonton dalam era persaingan bebas tersebut. Dalam era masyarakat ekonomi ASEAN diberlakukan 5 arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar begara ASEAN yaitu : arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas tenaga kerja terampil, arus bebas modal dan arus bebas invenstasi, (3) Melalui pemantapan otonomi daerah, kita tidak akan kalah bersaingdengan negara-negara yang berada di lingkungan ASEAN.

Disampaikan juga dalam sambutan menteri dalam negeri pada pelaksanaan hari otonomi daerah yang ke-20  tanggal 25 April 2016, bahwa dalam catatan kementerian dalam negeri, masih terdapat sejumlah Pemerintah Daerah yang berkinerja rendah dalam proses penyelenggaraan pemerintah daerah. Setiap tahun kementerian dalam negeri melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD), berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) yang disampaikan oleh masing-masing Kepala Daerah. Demikian beberapa sambutan menteri dalam negeri, Selamat Hari Otonomi Daerah yang ke-20, Semoga dengan semangat hari otonomi daerah, kita dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri kita tercinta ini.(yanti-blhd)

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id