BERITA DAN KEGIATAN

Wisata Literasi Nasional 2019 Dan Launching 1000 Buku Penulis Kalbar

Senin, 9 September 2019 08:03 WIB
36 View

Pontianak - Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji secara resmi membuka acara Wisata Literasi Nasional 2019 yang diselenggarakan di Ruang Pendopo Gubernur Kalbar, sabtu (7/9/2019).

Acara Wisata Literasi Nasional 2019 ini diselenggarakan oleh Forum Indonesia Menulis (FIM) dan juga Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Drs Muh Syarif Bando, H, Sutarmidji, S.H, M.Hum. dan Najwa Shihab Duta Baca Indonesia sebagai pembicara hari ini.

Dalam acara ini FIM sekaligus me-launcing 1000 Penulis buku se-Kalimantan Barat yang di tandatangani oleh Direktur FIM, Kepala Perpustakaan Nasional, Duta Baca Indonesia, Gubernur Kalbar, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalbar.

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar mengatakan jika disesuaikan dengan indikator desa mandiri maka kedepan akan ada 2.031 rumah baca di Kalbar dan nanti akan di isi dengan literatur- literatur baca.

Ia mengatakan jika disuruh memilih antara Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam dirinya akan memilih SDM karena menurutnya SDM itu tidak akan habis.

“Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) itu, tidak kalah pentingnya dengan membangun yang lain, Jika saya dihadapkan kepada dua pilihan, antara memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yg baik atau SDM yang baik, maka saya akan memilih SDM yang baik. ”ujarnya

Beliau mengajak semuanya agar terus gemar membaca dan harus membaca, membudayakan membaca.

“Makanya semua taman di Pontianak ada rumah baca dan Program tahun depan ada program taman dan disetiap taman akan ada rumah baca,” tambahnya.

Gubernur Sutarmidji juga tetap fokus kepada pembangunan desa Mandiri yang juga salah satu faktornya adalah meningkatnya minat baca masyarakat dengan adanya Perpustakaan Desa dan Taman Baca di Desa.

”Kenapa saya fokus pembangunan Desa menjadi desa Mandiri, Karena salah satu faktor untuk meningkatkan minat baca adalah dengan adanya perpustakaan atau taman baca di Desa, dan hal itu adalah salah satu indikator dari Desa Mandiri. ”ucapnya

Mantan Walikota Dua Periode ini juga mengajak kepada seluruh pecinta literasi untuk mengajak dan membuat masyarakat desa untuk terbiasa dengan buku dan literatur.

”Saya mengajak kepada semua pecinta literasi, untuk membuat masyarakat desa untuk terbiasa dengan buku, terbiasa dengan literatur. ”ajaknya

Sutarmidji juga memberi trik bagaimana masyarakat Desa untuk terbisa membaca buku yaitu mulai dengan yang mereka senangi dan kita adakan survey untuk melihat jenis literatur seperti apa yang mereka inginkan, sehingga Pemerintah dapat menyediakan buku-buku yang disenangi di taman baca nanti.

Gubernur Sutarmidji juga berharap kepada Fahrul Arrazi Sebagai Trainer dan Motifator Nasional Menulis Buku untuk mengajak semua masyarakat untuk menulis dan dibekali dengan literatur agar lebih baik lagi.

“Saya berharap kepada Fahrul Arizi, lebih semangat untuk mengajak semua untuk menulis.Penulis harus dibekali dengan literatur-literatur supaya daya imajinasi nya itu penuh dengan alternatif-alternatif pengembangan sehingga dia pasti inovatif, kalau tidak, tidak akan mungkin lebih baik, ”harapnya

Gubernur Sutarmidji juga menyarankan agar para penulis buku tidak hanya menulis buku cerita dongeng saja tapi harus cerita yang menginspirasi orang yang membaja untuk maju.

”Dan saya sarankan, bukunya jangan hanya banyak cerita dongeng, tapi cerita yang bisa menginspirasi orang untuk maju.”sarannya

Ia mencontohkan untuk menulis informasi tentang durian, dimana dari 38 jenis durian unggul, 12 diantaranya ada di Kalimantan Barat. Selama ini, tidak ada yang bercerita tentang durian Kalbar. Durian yang paling bagus di dunia itu, ada di Kalimantan Barat. (Abdal)

 

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id