BERITA DAN KEGIATAN

Rakor Kebijakan Bidang Kepemudaan Tahun 2019

Selasa, 8 Oktober 2019 09:37 WIB
42 View

 

Untuk mendorong terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Pemuda yang berkualitas dan dalam upaya mensinergiskan kebijakan bidang Kepemudaan, Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Biro Kesra Setda Provinsi Kalbar telah melaksanakan Rakor Kebijakan Bidang Kepemudaan Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2019 di Hotel Kini, Jl. Nusa Indah III, Pontianak. Rakor Kebijakan Bidang Kepemudaan dihadiri oleh Kepala Dinas OPD terkait  di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Asisten, Kabag Kesra dan Kepala OPD Pemerintah Kabupaten/Kota yang membidangi Kepemudaan serta stakeholders terkait dan dibuka secara resmi oleh Asisten III Setda Provinsi Kalbar mewakili Gubernur.

Pada sambutan Gubernur yang dibacakan Asisten III, mengatakan pemuda merupakan kekuatan moral dan agen perubahan sebagai perwujudan, peran dan karakteristik, dimana kedudukannya yang sangat strategis dalam pembangunan. Sebagai agen pembaharuan dan pengembangan, tentu kita perlu memberikan perhatian terutama berkaitan dengan potensi yang di miliki oleh setiap pemuda. Dengan adanya era industry 4.0 maka pemuda menjadi motor penggerak dari dinamika kehidupan dalam berbagai sektor. Pada tahun 2017 Indeks Pembangunan Pemuda Kalimantan Barat berada pada posisi peringkat 28 Nasional dengan skor 47,50 (Sumber : Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional). Tentu hal ini menjadi sebuah perhatian bagi kita semua bahwa, kita semua mengharapkan agar kedepan Provinsi Kalbar mampu untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda, sehingga mampu mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas, produktif, dan inovatif.

Dalam konteks Kota Layak Pemuda, terdapat 4  indikator yang harus dipenuhi, pertama adalah regulasi yakni adanya Peraturan Daerah tentang Kepemudaan, yang kedua adalah Infrastruktur yang mencangkup ruang atau tempat ekspresi dan kreasi pemuda, yang ketiga adalah kelembagaan yakni bisa diukur dengan adanya keaktifan organisasi kepemudaan dan komunitas pemuda, dan yang terakhir kemandirian pemuda dalam hal Usaha Mikro Kecil Menengah.


Oleh: (Priatiningsih, S.Sos)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id