BERITA DAN KEGIATAN

Rakor Kebijakan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di

Selasa, 8 Oktober 2019 09:59 WIB
45 View

Memberikan perlindungan dan rasa aman terhadap perempuan dan anak dalam pemenuhan hak-haknya merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh pemerintah. Perempuan dan anak saat ini masih menjadi kelompok masyarakat yang tertinggal di berbagai aspek pembangunan sehingga menjadi tantangan pemerintah untuk mempercepat pembangunan pemberdayaan perempuan agar kesetaraan gender diberbagai sektor pembangunan dapat tercapai secara optimal.

Untuk itu, dalam rangka mensinergiskan kebijakan Pemerintah Daerah dalam  pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Biro Kesra Setda Provinsi Kalbar telah melaksanakan Rakor Kebijakan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Provinsi Kalbar Tahun 2019. Rakor tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 September 2019 bertempat di Hotel Kini, Jl. Nusa Indah III, Pontianak dan dibuka oleh Sekda Provinsi Kalbar  A.L. Leysandri, SH.

Pada sambutannya, A.L. Leysandri mengatakan peran perempuan sebagai mitra sejajar pria, diwujudkan melalui peningkatan kemandirian dan peran aktifnya dalam pembangunan, termasuk upaya mewujudkan ketahanan keluarga yaitu membangun keluarga yang beriman dan bertakwa, sehat, serta untuk tumbuh kembang anak dan remaja. Pelanggaran terhadap hak-hak perempuan masih sering terjadi, misalnya kekerasan terhadap perempuan, pembedaan upah, pelanggaran hak-hak kerja, kejahatan seksual, maupun isu kekerasan dalam rumah tangga yang banyak merugikan perempuan. Tindakan kekerasan terhadap perempuan maupun bentuk kejahatan dan diskriminasi lainnya merupakan pelanggaran hak asasi manusia sehingga perlu dilindungi. Anak sebagai generasi penerus masa depan bangsa dan penentu kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan, juga perlu mendapat perhatian dan perlindungan sungguh-sungguh dari semua elemen masyarakat.

Sekda juga berharap dalam melaksanakan perencanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak dapat terintegrasi dengan baik, dan pertemuan ini dapat memberikan motivasi kepada kita untuk terus berkiprah secara nyata dalam mewujudkan persiapan sumberdaya manusia di Kalbar, sebagai bagian dari upaya kita dalam pembangunan Bangsa dan Negara khususnya bagi pemberdayaan peremuan dan perlindungan anak.

 


Oleh: (Priatiningsih, S.Sos)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id