BERITA DAN KEGIATAN

Urusan Wajib Nasional, Perpustakaan Desa Harus Direvitalisasi

Rabu, 9 Oktober 2019 16:15 WIB
37 View
Uncategorized

PONTIANAK - Sebagai pelaksana urusan wajib nasional dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Perpustakaan Nasional RI mendorong Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menggiatkan revitalisasi perpustakaan desa. Perpustakaan didorong untuk terus berinovasi dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul mulai dari desa.

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Dra. Woro Titi Haryanti, MA, saat membuka acara Sosialisasi Pengembangan Program Revitalisasi di Daerah, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Hotel Ibis Pontianak, Rabu (9/10/2019).

Dia mengingatkan amanat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, merupakan tugas yang diemban oleh Perpustakaan Nasional RI dalam bidang pendidikan. “Pendidikan di sekolah ada waktunya, sementara perpustakaan merupakan tempat pembelajaran sepanjang hayat,” ungkap Woro dihadapan peserta sosialisasi.

Pemberdayaan masyarakat melalui perpustakaan adalah kunci dalam mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Oleh karenanya, tambah Deputi Bidang II Perpusnas RI ini, perpustakaan bukan lagi tempat belajar kontekstual akan tetapi sebagai tempat transfer ilmu dan aktivitas masyarakat.

Diharapkan dari Sosialisasi Pengembangan Program Revitalisasi di Daerah ini, lurah ataupun kepala desa yang ada di Kalimantan Barat dapat terbuka wawasannya bahwa merevitalisasi perpustakaan desa sebagai sarana berkegiatan masyarakat dapat berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan.

“Perpustakaan merupakan tempat berbagi ilmu dengan membaca buku, juga transfer ilmu maupun informasi ke masyarakat sekaligus tempat masyarakat beraktivitas,” papar Woro.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Drs. T.T.A. Nyarong, M.Si juga berharap 50 orang peserta yang hadir dapat membuka wawasan untuk memajukan perpustakaan, khususnya di desa. Dia mengingatkan dengan kehadiran Ibu Woro di Pontianak, dapat dimanfaatkan oleh peserta sosialisasi, khususnya dari kabupaten/kota maupun desa untuk berdiskusi lebih jauh tentang program revitalisasi ini.


Oleh: (Novi Muharrami, S.S)

 

 

Tags :
 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id