BERITA DAN KEGIATAN

LKPP dan LPSE Prov. Kalbar gelar Rakernas LPSE Provinsi 2016

Kamis, 16 Juni 2016 09:22 WIB
Komentar 672 View

Pontianak (31/5) - Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia bekerja sama dengan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LPSE Provinsi Tahun 2016. Rakernas yang diselenggarakan selama tiga hari mulai tanggal 31 Mei s/d 2 Juni 2016 di Hotel Aston Pontianak ini mengundang peserta LPSE Provinsi dari seluruh Indonesia.

Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun yang penyelenggaraannya merupakan kerjasama antara LKPP dengan Provinsi sebagai tuan rumah. Pada tahun 2016, atau tahun ketiga penyelenggaraan Rakernas yang sebelumnya dilaksanakan di Provinsi Bali dan Aceh, LKPP bermaksud menyelenggarakan Rakernas LPSE Provinsi di Kalimantan Barat. Penunjukan Provinsi Kalimantan Barat tersebut sebagai implikasi dari Penilaian LKPP bahwa LPSE Provinsi Kalimantan Barat cukup berprestasi dalam mengelola LPSE di mana pada tahun 2015 telah berhasil mendapatkan dua penghargaan (National Procurement Award) yaitu :

  • Award kategori Peran LPSE Provinsi terhadap Kabupaten/Kota
  • Award kategori Pemenuhan terhadap 17 Standar LPSE 2014

Acara Pembukaan Rakernas LPSE Provinsi Tahun 2016 dilaksanakan pada hari Selasa, 31 Mei 2016 pukul 18.30, didahului dengan makan malam bersama. Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Peserta Rakernas LPSE Provinsi se-Indonesia, Pejabat di lingkungan LKPP RI, Pejabat SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta LPSE Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

Rakernas LPSE Provinsi Tahun 2016 dibuka secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis MH. yang ditandai dengan pemukulan gong bersama dengan Sekretaris Utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah, Dr. Salusra Widya, MA. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Dr. M. Zeet Hamdy Assovie, MTM dan Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, Sarah Sadiqa, SH, M.Sc, juga Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik, Gatot Pambudi Poetranto, S.Kom, MPM.

Acara Pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video Deklarasi LPSE di Sabang, Aceh pada Rakernas LPSE Provinsi Tahun 2015, yang merupakan prequel Piagam Khatulistiwa yang dideklarasikan pada akhir acara Rakernas 2016 di Pontianak. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan foto bersama pejabat LKPP RI dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat serta Ketua LPSE Provinsi se-Indonesia.

Tari-tarian khas Kalimantan Barat menjadi penghujung acara Pembukaan Rakernas LPSE Provinsi Tahun 2016, dengan menampilkan medley tarian khas etnis Melayu, Dayak dan Tionghoa yang merupakan simbol kerukunan dan keberagaman budaya di Kalimantan Barat.

Foto Bersama Pejabat LKPP, Pejabat Pemprov Kalbar dan Ketua LPSE Seluruh Indonesia

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id