BERITA DAN KEGIATAN

PASAR MURAH PKK MENJANGKAU YANG TAK TERJANGKAU

Selasa, 28 Juni 2016 15:53 WIB
Komentar 555 View

Oleh: (Octavianus Johan Enas, S.Sos.)

Pemerintah Provinsi bersama TP-PKK Prov. Kalbar menggelar pasar murah menyambut Idul Fitri 1437 hijriah, yang diadakan di Desa Raja, Kec. Ngabang Kab. Landak, Senin (27/6)

Gubernur Drs. Cornelis, MH mengatakan bahwa kegiatan pasar murah yang digelar oleh pemerintah provinsi dan TP-PKK bertujuan untuk membantu masyarakat ekonomi rendah untuk memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

Orang nomor satu di Kalbar itu mengingatkan agar masyarakat bisa membeli sesuai dengan kebutuhan. Penyelenggaraan bazar agar tertib, jangan sampai terinjak-injak. Walau harus antri, puasanya jangan sampai batal. “Jangan karena hanya beli ini lalu puasanya buka di tengah jalan. Saya ucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Secara pribadi saya tidak ada salah, tapi dalam menjalankan tugas pemerintahan saya atas nama pribadi, mohon maaf lahir batin,” ujar Cornelis.

Dijelaskan Cornelis menjelang hari besar baik Idul Fitri maupun Natal, pemerintah Provinsi Kalbar merasa berkepentingan untuk melakukan intervensi program pemberdayaan. Karena hal ini sangat penting yang diakibatkan oleh keterpurukan sosial ekonomi yang berdampak pada daya beli masyarakat yang rendah sehingga masyarakat sulit memperoleh kebutuhan hidup yang layak.

“Meningkatnya harga di pasar dan menurunnya daya beli masyarakat menjelang hari raya sangat dramatis. Pelaku pasar selalu melakukan spekulasi dan mengorbankan masyarakat berpendapatan rendah. Menghadapi hal tersebut pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan TP-PKK Prov. Kalbar bekerjasama dengan sejumlah distributor untuk menjual barang kebutuhan pokok bagi masyarakat ekonomi rendah dengan harga murah,” terang Cornelis yang adalah Bupati Kab. Landak dua periode ini.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Prov. Kalbar Ny. Frederika Cornelis, S.Pd menambahkan, kegiatan pasar murah untuk menyediakan bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang murah dan terjangkau. “Saya mengharapkan agar pasar murah yang digelar ini untuk meringankan beban hidup masyarakat berpenghasilan rendah agar dapat memiliki hidup yang layak dan berkualitas. Semua barang yang kami jual harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasar apalagi toko,” jelas Frederika.

Ditambahkan Frederika bahwa kegiatan Pasar murah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan TP-PKK Prov. Kalbar menjelang hari-hari besar keagamaan baik Idul fitri maupun Natal, karena pada saat menjelang hari besar, terjadi kenaikan harga barang yang cukup signifikan sehingga pemerintah Provinsi Kalbar menekan harga yang ada di pasaran dengan menggelar pasar murah.

Sementara itu, Karolin Margret Natasa Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalbar menyambut baik kegiatan pasar murah ini. Menurutnya, sudah menjadi hukum ekonomi jika permintaan meningkat, maka stok akan berkurang yang diikuti dengan kelangkaan barang dan lonjakan harga. Dengan adanya pasar murah tentu saja warga khususnya mereka yang merayakan Idul Fitri sangat terbantu, misalnya untuk kebutuhan membuat kue atau lainnya. Walaupun stok yang disiapkan juga terbatas. “Kegiatan seperti ini mesti diadakan pemerintah Landak di lokasi lainnya, terutama yang jumlah masyarakat muslimnya banyak dan lokasinya masuk ke pedalaman,” imbaunya.

Politikus PDI Perjuangan Kalbar ini juga mengingatkan masyarakat agar menanam sayuran yang selalu dibutuhkan untuk memasak, misalnya cabe, kunyit dan lainnya. Untuk memberikan contoh langsung ia pun mempersilahkan warga mengunjungi kebun PKK di sebelah Armed Ngabang.(Joehumas)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id