BERITA DAN KEGIATAN

Sukseskan Gelar Pangan Nusantara ke-2 untuk Kedaulatan Pangan Indonesia

Rabu, 20 Juli 2016 20:35 WIB
Komentar 1116 View

Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan mengamanatkan bahwa Pemerintah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat sesuai dengan potensi dan kearifan lokal untuk mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Satu diantara langkah strategis dalam rangka melaksanakan kebijakan ketahanan pangan nasional adalah diselenggarakannya Gelar Pangan Nusantara, untuk tahun 2016 perhelatan Gelar Pangan Nusantara yang ke-2 akan dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan yang mandiri dan berdaulat dalam mendukung pembangunan nasional.

Gelar Pangan Nusantara tahun 2016 dengan tema “Pangan lokal penggerak ekonomi daerah dan kemandirian pangan” bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan pangan lokal agar mampu bersaing dengan pangan lainnya secara komersial dan meningkatkan komitmen pemerintah Pusat maupun Daerah dalam mendukung pengembangan industri pangan lokal. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan juga sebagai wahana untuk berbagi informasi dan pengalaman dalam upaya menangani permasalahan ketahanan pangan antar pemerintah daerah, swasta dan masyarakat serta sebagai media memperkenalkan produk pangan lokal nasional kepada masyarakat dalam upaya peningkatan konsumsi pangan lokal. Kegiatan ini sangat penting untuk mewujudkan pemantapan ketahanan pangan dalam rangka kemandirian dan kedaulatan pangan nasional.

Gelar Pangan Nusantara yang ke-2 tahun ini akan berlangsung selama empat hari di mulai tanggal 4 sampai dengan 7 Agustus 2016 bertempat di rumah Radakng, Pontianak – Kalimantan Barat. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan pada acara Gelar Pangan Nusantara antara lain; Pameran yang menampilkan aneka ragam pangan segar dan olahan yang berasal dari sumber daya lokal dari seluruh penjuru Nusantara, Workshop dengan tema “Pangan lokal penggerak ekonomi daerah dan kemandirian pangan”, Talk Show dengan narasumber  Badan Ketahanan Pangan, Perguruan Tinggi, Bupati/walikota dan Pengusaha pangan, Bazar murah aneka pangan pokok, live demo masak pangan lokal dengan koki setempat dan koki ibu kota serta kegiatan menarik lainnya.

Oleh: (Heru Chandra, S.P.)

 

 

 
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id