Atraksi 847 Tatung Pukau Turis Lokal dan Mancanegara di Singkawang

Image

Singkawang - Parade Tatung sebagai puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2020 di Kota Singkawang resmi dibuka oleh Menteri Agama RI, Fachrul Razi di panggung kehormatan Jl. P. Diponegoro, Sabtu (8/2/2020).

Pelepasan parade tatung ditandai dengan pemukulan loku oleh Menteri Agama RI didampingi Gubernur Kalbar, Wali Kota Singkawang dan juga Ketua Umum Imlek dan Cap Go Meh Singkawang.

Usai dilepas secara resmi, sebanyak 847 tatung menunjukkan aksinya dihadapan Menteri Agama, Gubernur Kalbar dan undangan lainnya. Dalam parade tersebut para tatung berkeliling di jalan – jalan besar Kota Singkawang sambil menampilkan atraksi extrem, ada yang menusuk dirinya dengan besi, lidi sepeda, gunting, pisau, pedang dan beberapa benda tajam.

Ribuan penonton dari berbagai daerah turut menyaksikan dengan antusias atraksi extrem dari  847 Tatung di Kota paling toleran se-Indonesia ini.

Parade tatung pada festival Cap Go Meh telah masuk dalam 100 Calender Of Event (COE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Event ini merupakan yang dinanti-nant, Tak hanya turis lokal yang datang ke kota singkawang untuk menyaksikan festival budaya terbesar di singkawang ini, turis mancanegara pun juga ikut meramaikan seperti, Malaysia, Thailand, Vietnam, Australia, Singapura, Swedia dan banyak lagi.

Ketua Umum Panitia, Festival Imlek 2571 dan Cap Go Meh 2020 Singkawang, Hengky Setiawan mengatakan hari ini merupakan puncak kegiatan rangkaian Festival Imlek dan Cap Go Meh yang dimulai sejak 23 Januari 2020.

“Hari ini ada 847 Tatung, naga, barongsai dan seni budaya lainnya,” katanya.

Tahun ini panitia mengangkat tema Budaya Pemersatu Bangsa yang telah dilihat melalui tarian NKRI dari beragam budaya yang menyatu.

Kota Singkawang telah meraih predikat sebagai kota tertoleran di Indonesia tahun 2019 dari Setara Institute.

“Mari kita pelihara predikat kota tertoleran tetap bisa kita pertahankan,” ajaknya. (Syarif Abdal)

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: