Belajar Sejarah, SMPN 1 Sungai Raya Bengkayang Kunjungi Galeri Arsip

Image

PONTIANAK - SMP Negeri 1 Sungai Raya melakukan karya wisata ke Galeri Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (16/11/2019). Kunjungan ini sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa untuk belajar sejarah Kalimantan Barat.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sungai Raya, Kasuma Yuda S.Pd, mengatakan sejumlah 125 peserta didik turut serta dalam karya wisata tersebut. Dia menjelaskan kunjungan ini sebagai bahan bagi peserta didik mempelajari sejarah lokal Kalimantan Barat.

Sejak tiba pukul 11.00 WIB di halaman Galeri Arsip, para peserta didik sudah antusias untuk segera mencari bahan untuk membuat laporan karya wisata. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Kepala Bidang  Pengelolaan, Layanan dan Pemanfaatan Arsip, Domisius Sintan, mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.

Peserta didik yang sejak awal telah mempersiapkan catatan, kamera serta rekaman menggunakan ponsel pintar, segera naik ke lantai 2 Galeri. Sejumlah keterangan gambar sejarah Lambang Negara, Dokumen pembentukan Daerah Kalimantan Barat dan foto-foto Kepala Daerah Provinsi maupun kabupaten/kota, mereka catat. Apabila dirasa ada yang kurang jelas, mereka bertanya kepada Arsiparis dan staf Layanan Arsip.

Kepala Sekolah SMPN 1 Sungai Raya, Kasuma Yuda S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Galeri Arsip yang telah menerika kunjungan mereka di akhir pekan. Dia berharap, setelah karya wisata ini para peserta didik dapat membuat laporan karya wisata dengan baik.

Guru pendamping, Ibu Lilis Kurniawati S.Pd juga mengucapkan terima kasih dan berharap sekolah-sekolah lain akan mengikuti jejak karya wisata ini dengan mengunjungi Galeri Arsip. "Dengan berkunjung ke Galeri Arsip ini, saya senang peserta didik mendapatkan informasi sejarah Kalimantan Barat yang selama ini tidak mereka ketahui. Dengan berkunjung ke sini juga, dapat sekaligus mengunjungi Rumah Radakng dan Rumah Melayu yang berada dekat Galeri Arsip," pungkasnya.

Oleh: (Novi Muharrami, S.S)

 

 

Share this Post: