Diseminasi Jabatan Fungsional Sandiman BSSN RI

Image

Pontianak – Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kalbar melalui Bidang Persandian dan Statistik bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI  menggelar kegiatan Diseminasi Jabatan Fungsional Sandiman melalui Penyesuaian Inpassing bertempat di Bilik Binaul Kantor Dinas Kominfo Prov. Kalbar, kamis (21/11/2019).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Kominfo Drs. Alfian, M.Si ini menghadirkan narasumber dari BSSN RI yaitu Bagus Candra Putra, S.ST, Kepala Seksi Program dan Akreditasi Lembaga Sertifikasi Profesi, dan dihadiri  oleh peserta yang berasal dari Dinas Kominfo dan Badan Kepegawaian Daerah dari  Pemprov. Kalbar dan 14 kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Alfian menyampaikan, persandian menurut Peraturan Kepala Lembaga Sandi Negara Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyelenggaraan Persandian Untuk Pengamanan Informasi Di Lingkungan Pemerintahan Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, adalah Kegiatan di bidang pengamanan data/informasi yang dilaksanakan dengan menerapkan konsep, teori, seni dan ilmu kripto beserta ilmu pendukung lainnya secara sistematis, metodologis dan konsisten serta terkait pada etika profesi sandi.

Untuk melaksanakan kegiatan pengamanan data/informasi dibutuhkan pejabat fungsional yang disebut dengan pejabat fungsional sandiman atau biasa disebut Sandiman.  “Sandiman adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan pekerjaan Jabatan Fungsional Sandiman” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Alfian berpesan agar kegiatan ini bisa berguna untuk meningkatkan kinerja dan layanan publik ASN. “Mari kita manfaatkan pertemuan ini untuk meningkatkan kinerja dan layanan kita kepada publik demi mewujudkan dan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang handal, berkualitas dan terpercaya” ujarnya. (Diskominfokalbar/Syf)

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: