Gubernur Kalbar Sutarmidji Resmikan RSUD Rasau Jaya

Image

Rasau Jaya – Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Kubu Raya yang terletak di Desa Rasau Jaya 1, Kec. Rasau Jaya, Peresmian pengoperasian RSUD ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. Senin (6/1/2020).

Dengan slogan “Unggul dalam pelayanan Ibu dan Anak”, Rumah Sakit yang pengerjaannya dimulai pada Tahun 2018 ini menggunakan anggaran sekitar 52 Milyar yang dianggarkan dari Tahun 2017 dan 2018 melalui Kementerian Kesehatan, APBD Pemprov Kalbar, serta APBD Kubu Raya.

Rumah sakit ini memiliki 86 Tenaga Kesehatan yang terdiri dari PNS dan Non PNS serta 4 Dokter Spesialis yaitu Spesialis Kandungan, Spesialis Radiologi, Penyakit Dalam dan Spesialis Penyakit Mulut.

Sebagai kabupaten yang tergolong baru dimekarkan, Kubu Raya dinilai cukup cepat memiliki RSUD. Gubernur kalbar Sutarmidji juga menilai lokasi rumah sakit ini cukup strategis karena berdekatan dengan pelabuhan. sehingga dapat menampung pasien dari berbagai daerah hal ini di sambut baik oleh Gubernur Kalbar Sutarmidji

“Kabupaten Kubu Raya usianya sudah 13 tahun. Termasuk cepat kalau punya RSUD. Apalagi wilayahnya luas dan bisa ditempuh lewat darat, udara dan laut. Rumah Sakit di sini strategis tempatnya karena bisa menampung pasien dari mana-mana,” terangnya

Bang Midji, sapaan akrab beliau ini mendorong agar RSUD Kubu Raya harus bisa terus dikembangkan. Ruang rawat inap dikatakannya mesti diperbanyak dan kelengkapan-kelengkapan lainnya juga harus ditambah. Di samping itu, dirinya turut menyarankan agar RSUD Kubu Raya ini dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Ke depan harus terus dikembangkan. Ruang rawat inap diperbanyak, kelengkapan lain ditambah. Insyaallah lahan akan saya hibahkan khusus untuk pengembangan rumah sakit. Nah, kalau mau meningkatkan pendapatan jasa medisnya, sebenarnya harus perbanyak rawat inap. Kemudian, jadikan Badan Layanan Umum Daerah agar bisa mereka bisa mengolah anggarannya sendiri. Sehingga jasa medisnya bisa dikembalikan ke dokter,” imbuhnya.

Pada Kesempatan yang sama, Bupati Kubu Raya H. Muda MahendrawanS.H. mengatakan bahwa RSUD ini sebenarnya sudah bisa diresmikan pada akhir 2019 lalu. Namun, karena ada sejumlah kendala seperti belum selesainya pembuatan instalasi pengolahan air limbah (IPAL), peresmian rumah sakit pun terpaksa ditunda.

“Kita syukuri karena hari ini berjalan lancar. Kemarin memang ada penundaan peresmian karena permintaan Kemenkes terkait dengan beberapa syarat seperti IPAL dan lain-lain. Khawatir setelah diresmikan malah menimbulkan hal-hal yang mengganggu,” ucapnya.

“Kita fokuskan pada poli ibu dan anak. Kenapa, karena semua muaranya di situ. Bukan berarti kita tidak melayani yang lain, tapi itu lebih utama. Ini sesuai dengan program yang diarahkan oleh Presiden, yaitu meningkatkan kualitas SDM. Selain itu, juga untuk hal lain seperti meningkatkan angka harapan hidup,” tuturnya.

Sebagaimana rumah sakit baru pada umumnya, Bupati Muda Mahendrawan menilai wajar jika RSUD Kubu Raya lebih banyak diisi oleh tenaga honorer. Sebab kata dia, jumlah tenaga kesehatan yang berstatus PNS di Kubu Raya juga sangat terbatas dan mereka pun bertugas di sejumlah puskesmas yang tersebar di berbagai wilayah di Kubu Raya.

“Namanya rumah sakit baru tentu perlu kelengkapan-kelengkapan lainnya. Soal tenaga medis, pasti lebih banyak honor. Wajar karena mereka tenaga medis yang PNS sudah kita sebar di daerah-daerah. Kalau mereka kita tarik, khawatir nanti pelayanan di puskesmas-puskesmas malah menurun kualitasnya. Apalagi puskesmas, kan juga penting. Kalau tidak perlu ke rumah sakit, lebih baik ke puskesmas saja,” Pungkasnya.

Untuk diketahui, RSUD Kubu Raya ini memiliki lima poliklinik, antara lain gigi, bedah, anak, kandungan dan penyakit dalam. Adapun Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur RSUD Kubu Raya ini ialah dr. Yuli Paulian Heri Wibowo dan dalam menjalankan tugasnya, Ia akan dibantu oleh 86 orang tenaga kesehatan.

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: