Satarudin, SH Sebagai Ketua DPRD Kota Pontianak Masa Jabatan 2019-2024

Image

PONTIANAK – Sekretaris Daerah Kalimantan Barat A.L. Leysandri, SH, mengatakan  penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh kepala daerah dan DPRD dibantu oleh perangkat daerah dalam rangka untuk melindungi, melayani, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat, dalam rangka melaksanakan dan mewujudkan hal itu, maka kepala daerah dan DPRD dalam hal ini malalui pimpinan DPRD wajib memiliki hubungan yang bersinergi dan harmonis sebagaimana diatur dalam Pasal 207 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa hubungan kerja antara DPRD dan Kepala Daerah didasarkan atas hubungan kemitraan yang sejajar, selanjutnya pasal 207 ayat (2) jelas diatur bahwa hubungan kemitraan DPRD dan Kepala Daerah adalah sebagai berikut yakni, persetujuan bersama dalam pembentukan Perda, penyampaian laporan keterangan laporan pertanggungjawaban kepada DPRD, persetujuan terhadap kerja sama yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah, malaksanakan rapat konsultasi DPRD dengan kepala daerah secara berkala dan bentuk lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan peundang-undangan.

Hal itu dikemukakan Sekda Kalbar saat menyampaikan sambutannya pada acara Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak dalam rangka pengucapan Sumpah Pimpinan DPRD Kota Pontianak masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di ruang siding DPRD Kota Pontianak, Kamis (7/11), dimana telah terpilih Satarudin, SH sebagai Ketua dan Dr. Firdaus Zar’in, S.Pd.,M.Si., H. Naufal Ba’bud, SP. M.Sos., serta Muhammad Arif, S.Ag sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, masa jabatan 2019-2024.

Dikatakannya pula dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dewasa ini eksistensi dan kinerja mutlak diperkuat dan diperhitungkan mengingat DPRD selain merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah juga sebagai representasi rakyat daerah, oleh karenanya DPRD harus dapat memperlihatkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan fungsi, tugas wewenangnya sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Sekda berharap, bahwa dalam semangat kemitraan yang produktif, Walikota dan Wakil Walikota Pontianak serta DPRD Kota Pontianak, selama lima tahun kedepan akan bergerak dalam suatu dinamika yang konstruktif dan bermuara pada terciptanya kemajuan serta kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Pontianak (ruslanhumasprov).

CAPTION FOTO :

SERAHKAN SK GUBERNUR : Sekretaris Daerah Kalimatan Barat A. L. Leysandri, SH menyerahkan SK Gubernur Kalimantan Barat Kepada Pimpinan dan Wakil Pimpinan DPRD Kota Pontianak yang baru dilantik untuk masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di Ruang Sidang Gedung DPRD Kota Pontianak, Kamis (7/11) Foto : Ruslan Humas Prov.

 

 

 

 

 


Oleh: (Ruslan)

 

 

Share this Post: